15 May 2020, 02:55 WIB

Temanggung Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19


Tosiani | Nusantara

HINGGA saat ini, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah telah mencapai angka 49. Diperkirakan, satu atau dua pekan mendatang akan terjadi lonjakan besar kasus korona di Temanggung.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Gotri Wijiyanto mengatakan, pekan ini pihaknya berhasil melakukan tracking dan didapati lebih dari 80 orang yang reaktif positif rapid test.

"Sehingga diperkirakan dalam sepekan atau dua pekan ke depan akan terjadi lonjakan besar kasus korona di Kabupaten Temanggung," ujar Gotri, Kamis (14/5).

Mengantisipasi hal itu, menurut Gotri, Gugus Tugas Covid 19 Temanggung menerapkan larangan agar seluruh masyarakat tidak menggelar salat Idul Fitri berjamaah di masjid maupun di lapangan dan tidak melakukan kegiatan takbir keliling. Masyarakat juga diminta tidak melakukan silaturahmi lebaran dan penyelenggaraan acara halal bi halal maupun acara yang mengundang kerumunan massa.

"Gugus Tugas Kabupaten Temanggung beserta aparat Kodim dan Polres akan melakukan patroli dan penegakan ke desa-desa untuk memastikan larangan ini ditaati oleh seluruh masyarakat," katanya.

Ia berharap seluruh desa mengadakan musyawarah untuk mengambil kesepakatan bersama agar pada lebaran nanti menerapkan pembatasan pergerakan warganya kecuali untuk keperluan bekerja. Selain itu juga  masing-masing desa diminta meningkatkan keamanan wilayah dengan menggiatkan siskamling.

Masyarakat juga diminta patuh dan taat dengan imbauan maupun larangan yang diberlakukan dan menerapkan disiplin diri mencegah penularan Covid-19 dengan tetap tinggal di rumah, wajib memakai masker saat keluar rumah, sering cuci tangan memakai sabun, tidak berkerumun dan menjaga jarak. (R-1)

BERITA TERKAIT