15 May 2020, 03:05 WIB

MUI Medan Minta Umat Hindari Takbir Keliling


Yoseph Pencawan | Nusantara

KETUA Majelis Ulama Indonesia Kota Medan Mohammad Hatta mengajak umat Islam di daerahnya untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H yang tidak lama lagi datang dengan rasa suka cita dan penuh kegembiraan. Namun dia meminta umat tidak melaksanakan takbir keliling. Ia meminta umat Islam hanya mengumandangkan takbir di masjid dan musala yang ada di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Hindarilah ikut dalam takbir keliling pada malam takbiran," ujarnya, Kamis (14/5).

Selain itu, Hatta juga mengingatkan umat Islam agar menyegerakan pembayaran zakat fitrah/mal. Kemudian melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

"Protokol kesehatan harus dipenuhi. Diantaranya harus dalam kondisi sehat ketika mengikuti salat Ied," Imbuhnya.

Selain itu Hatta juga mengingatkan umat agar mengenakan masker dan membawa sajadah sendiri serta tidak bersalaman dan berpelukan sebelum maupun sesudah salat Ied serta mencuci tangan sebelum dan sesudah salat.

Hatta juga menyarankan para khatib saat salat Ied untuk mempersingkat khutbah yang disampaikan. "Khusus imam, disarankan meringankan bacaan  dengan ayat-ayat pendek dan mengakhirinya dengan qunut nazilah," ujarnya. (R-1)

 

BERITA TERKAIT