14 May 2020, 22:30 WIB

Rapid Test Reaktif, TKA Tiongkok Dikarantina di Ternate


Hirjah Ibrahim | Nusantara

SEORANG tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di perusahaan tambang nikel PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, dijemput Petugas Kantor Kesehtan Pelabuhan Kelas III Ternate di Bandara Sultan Babullah Ternate.

TKA yang bernama Min Shiao Long, 30, itu diyatakan reaktif tes cepat atau rapid test di laboratorium Prodia Ternate.

Min Shiao Long dijemput KKP saat hendak terbang ke Jakarta menggunakan maskapai Batik Air sebelum kembali Ke Tiongkok.

Baca juga: 39 TKA Asal Tiongkok Sempat Ditahan di Bandara Ternate

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara dr Alwia Assagaf menjelaskan, dari hasil pemeriksaan terhadap sejumlah TKA asal Tiongkok yang bekerja di PT IWIP salah satunya hasil rapid test reaktif.

"Jadi ada pemeriksaan rapid test terhadap sejumlah TKA asal Tiongkok yang akan dipulangkan, salah satu TKA hasilnya reaktif." Ungkap Alwia dalam konferensi pers di Media Center Covid-19, posko Sahid Hotel.

Menurut Alwia, TKA asal Tiongkok itu akan ditempatkan di Bela Sahid Hotel untuk menjalani karantina dan menjalani swab test

"Pemeriksaan kesehatan rapid test bagi TKA asal Tiongkok yang pulang adalah salah satu persyaratan selama masa pandemi covid-19," ungkapnya.

Hingga Kamis (14/5), rapid test dilakukan terhadap 3.234 orang dan didapatkan hasil 167 orang yaitu 69 OTG, 44 ODP, 6 PDP, dan 48 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit. Dan terdapat 3.067 orang yang nonreaktif. (X-15)

BERITA TERKAIT