14 May 2020, 21:06 WIB

Nenek Berusia 100 Tahun dari Rusia Sembuh Total dari Covid-19  


Deri Dahuri | Internasional

DI tengah berjuang menghadapi pandemi virus korona atau Covid-19, Rusia merayakan berita yang menggembirakan dan langka pada Rabu (13/5). Pasien yang positif Covid-19, seorang perempuan berusia 100 tahun dinyatakan sembuh total.

Nenek yang bernama Pelageya Poyarkova itu meninggalkan sebuah rumah sakit tempatnya dirawat di Kota Moskow, Rusia, Rabu (13/5).

Sebelumnya Poyarkova dilaporkan pemerintah Rusia sebagai perempuan lanjut usia pertama yang terinfeksi virus dari Kota Wuhan, Tiongkok . Namun ternyata dan tak terduga, Poyarkova dinyatakan sembuh total dari infeksi Covid-19 tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-100.

Televisi Rusia menayangkan video Poyarkova yang mengenakan masker. Ia memegang rangkaian mawar mawar dari dokter dan perawat. Dengan menggunakan kursi roda, ia keluar rumah sakit dengan dikelilingi para dokter dan wartawan.

Poyarkova dilaporkan terinfeksi virus korona dari sesama pasien saat berkunjung ke  rumah sakit. Setelah dinyatakan positif Covid-19, nenek yang berusia 100 tahun pun mendapat perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Kota Moskow yang bernama Moscow Brain Centre.

Sejak pandemi Covid-19 merebak di Rusia, Moscow Brain Centre yang sebelumnya khusus merawat pasien mengalami stroke berubah fungsi menjadi rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 .

Pihak Moscow Brain Centre menyatakan bahwa Poyarkova adalah seorang centenarian atau orang yang berusia 100 tahun atau lebih dari Rusia pertama yang sepenuhnya pulih dari virus korona.

"Dia ternyata menjadi wanita tua yang tangguh," kata Direktur Eksekutif Moscow Brain Centre, Vsevolod Belousov, di televisi Rusia. Dia tidak memerlukan perawatan intensif dan memiliki perawatan standar dengan obat pengencer darah, katanya.

Porarkova lahir di Moskow dan sekarang tinggal bersama putri dan menantunya. Suaminya terbunuh dalam Perang Dunia II. Ia pun merawat anaknya yang masih kecil, kata rumah sakit itu.

Kini Rusia telah melaporkan 242.271 kasus virus korona dan jumlah korban meninggal 2.305 orang. Rusia merupakan negara yang terkena dampak terburuk kedua di dunia setelah Amerika Serikat dalam hal jumlah kasus infeksi Covid-19. (AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT