14 May 2020, 19:41 WIB

Perusahaan Korsel Sumbang 1 Ton Disinfektan untuk Indonesia


Despian Nurhidayat | Ekonomi

PANDEMI covid-19 mengguncang hampir seluruh negara di dunia. Indonesia dan Korea Selatan pun saling membantu di tengah upaya melawan covid-19.

Salah satunya datang dari Korea Trade Invesment Promotion Agency (KOTRA), yang memberi bantuan 1 ton cairan disinfektan kepada Kementerian Koperasi dan UKM.

Serah terima bantuan dilakukan Director General of KOTRA Jakarta, Lee Jong Yoon, kepada Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM, Victoria Simanungkalit, di Jakarta, Kamis (14/5).

Baca juga: Korea Selatan Ekspor Alat Uji Covid-19 ke 60 Negara

Victoria mengatakan perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia dan tergabung dalam KOTRA, menyalurkan bantuan untuk didistribusikan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Arahan Pak Menteri ini akan diberikan kepada UMKM di Indonesia," ungkap Victoria dalam keterangan resmi, Kamis (14/5).

Untuk menekan penyebaran covid-19, cairan disinfektan akan disemprotkan di sejumlah pasar, koperasi dan lokasi UMKM. Menurutnya, Kemenkop dan UKM akan mendiskusikan terlebih dahulu wilayah yang menjadi prioritas untuk penyemprotan disinfektan. Sebab, sektor UMKM sudah mulai beroperasi setelah terdampak pandemi.

Baca juga: Efektifkah Penyemprotan Disinfektan untuk Atasi Covid-19?

"Kan ini sudah mulai recovery usaha UMKM. Maka itu akan disemprot agar lingkungannya aman," imbuhnya.

Director General of KOTRA Jakarta, Lee Jong Yoon, menuturkan hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan menjadi latar belakang penyaluran bantuan. Apalagi, Indonesia adalah negara sahabat. Banyak kerja sama bilateral yang sudah terjalin erat, khususnya dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

"Alasan diberikan ke Indonesia merupakan negara sahabat. Kita memiliki banyak kerja sama. Terutama KOTRA dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Sehingga, bantuan itu diberikan kepada kementerian," kata Lee.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT