14 May 2020, 19:18 WIB

Satpol PP Serang Razia Warung Makan


Antara | Nusantara

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang melakukan razia terhadap warung nasi yang buka di siang hari pada bulan suci Ramadan 1441 Hijriah.

Kepala Satpol PP Kota Serang, Kusna Ramdani di Serang, Kamis (14/5) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari imbauan Wali Kota Serang untuk melakukan penertiban. "Memang ada beberapa rumah makan atau warung nasi yang buka disiang hari. Jadi kami lakukan razia dan itu sudah melanggar imbauan Wali Kota Serang," katanya.

Ia mengatakan, razia tersebut dilakukan di lima titik dan pihaknya berhasil mengamankan barang bukti sejumlah tabung gas yang digunakan untuk memasak. "Dan tadi kita lakukan razia di 5 titik yaitu di Ciceri, Penancangan, Pandean, Cimuncang, Palima. Untuk sanksinya kita beri teguran adapun yang masih membandel kita akan lakukan penyitaan misalkan kompornya kita sita atau tempat duduknya," katanya.

Ia menjelaskan, Pemerintah kota juga sudah melakukan imbauan kepada pedagang nasi agar tidak buka pada siang hari, namun mereka masih membandel dan mengabaikan imbauan tersebut. "Untuk peraturanya bahwa warung nasi itu diperbolehkan buka hanya dari jam 4 sore atau menjelang magrib sampai sahur, tetapi kita dapat laporan masih ada yang buka siang hari dan kita tindak secepatnya," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga selain menindak pedagang warung nasi yang buka di siang hari juga menindak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tidak berizin. "Kita tadi juga menindak PKL yang tidak berizin, kita juga melakukan teguran secara persuasif," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, razia penertiban tersebut akan dilakukan secara rutin guna menciptakan suasana yang aman dan kondusif selama bulan suci Ramadan ini. "Kita lakukan secara rutin untuk menciptakan suasana aman dan kondusif. Karena kalau dilaksanakan dengan baik dan mengikuti peraturan insyaallah akan jadi ibadah juga," kata Kusna. (OL-12)

BERITA TERKAIT