14 May 2020, 17:45 WIB

Lezatnya Kari Daging Sapi Rempah Ala The Papandayan Hotel


Fetry Wuryasti | Weekend

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari spesial, terutama bagi umat muslim. Berbagai hidangan istimewa biasanya tersedia pada hari itu. Jika Anda ingin menyajikan hidangan spesial di hari raya, resep dari   General Manager The Papandayan Hotel Bandung R Bobby Renaldi, mungkin bisa Anda coba.

Dalam webinar Sajian Sedap di Hari Raya Idulfitri 1441 H, Kamis (14/5), Bobby berbagi resep masakan yaitu kari daging sapi rempah India. Penganan ini, menurutnya cocok untuk hidangan Lebaran agar tidak melulu opor ayam.

"Makanan ini juga sehat karena berbasis tomat bukan santan. Pun tetap bisa disantap dengan ketupat, lontong, dan nasi putih," ujar Bobby.

Bumbu yang dibutuhkan antara lain bawang bombay, tomat yang telah dicincang, lalu cabai merah giling yabg sebelumnya sudah direbus sebentar agar tidak menghadirkan pedas yang berlebihan, lalu kunyit, jahe, dan bawang putih yang digiling. Selain itu, kata Bobby, bubuk ketumbar, garam, merica, daun salam, minyak, dan 500 gram potongan dadu tenderloin atau daging has dalam.

"Daging ini memiliki tekstur empuk, lebih mudah terurai karena seratnya lebih halus. Tips dalam memasak daging, semakin menggunakan api kecil, suhu rendah, dan waktu yang lebih panjang, daging akan lebih empuk, bumbu akan lebih meresap," kata Bobby.

Adapun cara memasaknya, pertama 80 gram bawang bombay ditumis dengan api kecil, hingga layu menguning dan terkaramelisasi dengan baik dengan aroma yang harum. Menurut Bobby, keuntungannya rasa manis bisa didapat tanpa menggunakan gula. Karena bawang bombay telah mengandung gula yang cukup.

Setelah itu, masukkan bawang putih dan kunyit ke dalam panci. Karakter kunyit memiliki getah. Oleh karena itu harus dimasak baik dengan api kecil, dilanjutkan dengan jahe. Lalu masukkan daun salam, ketumbar, jintan, kapulaga, serta sejumput cengkeh sebelum daging dimasukkan.

"Disebut kari rempah India karena ada jintan, kapulaga, ketumbar yang saya masukkan sehingga karinya akan berbeda," kata Bobby.

Api kemudian dimasukkan saat akan memasak daging sapi. Alasannya memasak daging sapi harus cepat masak agar pori-pori daging lekas tertutup dan nutrisi di dalam daging tidak terbuang.

Setelah daging termarinasi penuh, lalu tomat dituangkan. Karakter dari tomat adalah acid. Fungsinya mengangkat sedimen kerak bumbu akibat karamelisasi yang menempel di dasar panci. Campurkan cabai di tahap selanjutnya.

"Ketika bumbu sudah meresap, masukan bertahap per 15 menit, dengan total 1,5 liter air dan kecilkan api menjadi sedang jangan sampai makanan gosong,"  kata Bobby.

Bila menggunakan bukan daging has dalam kemungkinan proses masak akan berlangsung lebih 60 menit karena teksturnya lebih kuat dan butuh waktu lebih lama untuk mengurai agar menjadi lebih empuk.

BERITA TERKAIT