14 May 2020, 17:00 WIB

Sumbangan Ratusan APD Bagi Tim Medis


Kristiadi | Nusantara

Komando Distrik Militer 0612 Tasikmalaya menyerahkan ratusan set alat pelindung diri (APD) dan pelindung muka kepada tenaga medis rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Lekol Inf Imam Wicaksana mengatakan bantuan tersebut diberikan bagi tim medis terutama yang menangani pasien covid-19 yang dirawat di ruang isolasi.

"Saya akan terus memberikan alat pelindung diri dan pelindung muka bagi rumah sakit yang berada di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya karena memang dibutuhkan tim medis untuk menyembuhkan pasien," kata Imam, Kamis (14/5).

Dia menambahkan bahwa bantuan yang diberikan berasal dari para donatur.

Baca juga: Bandara di NTT Pisahkan Pekerja Migran dan Penumpang Domestik

"Saya memiliki amanah dari para donatur agar bantuan APD dan pelindung muka supaya bisa diberikan langsung tanpa melalui dinas lebih dahulu. Lalu, jika ada kekurangan mereka akan kembali membantu supaya bisa memudahkan tim medis, terutama masuk ruang isolasi," lanjutnya.

TNI, imbuh Imam, juga tetap akan berusaha membantu memberi ribuan masker bagi masyarakat.

Direktur Utama RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Wasisto mengatakan APD yang diberikan TNI Kodim 0612 Tasikmalaya berstandar internasional.

"Saat ini, rumah sakit masih memiliki 1.000 set APD. Ini cukup untuk satu bulan," ujar Wasisto.

Menurutnya, bantuan APD yang diberikan TNI akan dipergunakan bagi tim medis yang berada di ruang isolasi dan instalasi kamar mayat.

"Namun, yang sekarang dibutuhkan rumah sakit umum adalah masker medis karena selama ini telah mengalami kekurangan dan kebutuhan setiap satu harinya 700 biji. Jadi, selama satu bulan butuh 20 ribu atau 400 dus," paparnya.

 

BERITA TERKAIT