14 May 2020, 16:21 WIB

Atasi Dampak Covid-19, Baznas Bazis DKI Terima Donasi Rp 500 Juta


Deri Dahuri | Megapolitan

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) atau Bazis DKI Jakarta dipercayai oleh Tokopedia untuk menyalurkan bantuan senilai Rp 500 juta untuk turut memberi bantuan bagi warga yang terdampak pandemi virus korona atau Covid-19.

Pemberian bantuan dari Tokopedia untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 bersamaan dengan penerapan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta. Baznas DKI Jakarta telah resmi ditunjuk sebagai bagian Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) di DKI Jakarta.

Donasi tersebut secara simbolis diserahkan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni kepada Wakil Gubernur Pemprov DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, dan Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Kyai Luthfi Fathullah, di Ruang Rapat Wagub, Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (13/5). Turut hadir dalam penyerahan bantuan ini, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah.

Pada pers rilis, Kamis (14/5), Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan hadirnya pihak swasta sangat dibutuhkan dalam membangun partisipasi penanganan wabah Covid-19 di DKI Jakarta. 

"Hadirnya pihak swasta itu sangat dibutuhkan untuk membangun partisipasi.Kami tidak menerima langsung bantuan itu, sehingga kami hanya memberikan kesempatan, peluang, mendorong, mengkoordinasikan dan mempertemukan antara kedua pihak, pihak pemberi dan pihak penerima, kolaborator yang nanti akan diteruskan ke warga,"  papar Ahmad Riza.

Ahmad Riza juga mengapresiasi partisipasi dan dukungan donasi yang berikan oleh Tokopedia. Ia pun juga mengapresiasi masyarakat umum, termasuk semua donatur yang berasal dari dunia usaha maupun pihak swasta yang telah berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam menangani dan menanggulangi pandemi Covid-19 di Jakarta.

"Tentu kami bersyukur pihak swasta sudah dapat berpartisipasi. Untuk Tokopedia, terima kasih atas partisipasi, bantuan dan dukungan yang diberikan hari ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Kyai Luthfi Fathullah, bersyukur dan sangat mengapresiasi pihak Tokopedia, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Tokopedia yang telah menyumbangkan donasi untuk program KSBB DKI Jakarta. 

Kyai Luthfi juga mengapresiasi pihak Pemprov DKI Jakarta yang mempercayai Baznas Bazis DKI Jakarta dalam program KSBB dan penyaluran bantuan ke warga DKI Jakarta.

"Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada Tokopedia yang telah memberikan sumbangan nya dan Pemprov DKI yang telah percaya kepada kami dalam penyaluran nya," kata Lutfi.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah PT Tokopedia, Astri Wahyuni menyatakan bahwa pihaknya menitipkan bantuan melalui Baznas Bazis DKI yang nantinya akan disalurkan dalam bentuk sembako sesuai data di situs corona.jakarta.go.id/ksbb

"Mungkin ini lebih kepada komitmen kami sebagai mitra Pemprov DKI Jakarta, hari ini kami juga bekerja sama dengan Baznas sesuai arahan Pak Gubernur yaitu KSBB," ujar Astri.

"Kami juga berharap tentunya kerja sama ini tidak menjadi yang terakhir tetapi nanti akan menjadi berkesinambungan, karena bagi kami DKI Jakarta merupakan provinsi kunci bagi bisnis Tokopedia juga dan banyak juga UMKM Jakarta memulai dan berkembang bersama Tokopedia," kata Astri.

Perlu diketahui, Program KSBB Pemprov DKI program yang canangkan untuk mempertemukan masyarakat yang ingin memberi dan masyarakat yang membutuhkan bantuan.  KSBB juga ditujukan untuk membantu masyarakat Jakarta dengan ekonomi rentan, terutama yang terdampak selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlaku di Jakarta. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT