14 May 2020, 15:53 WIB

Menpora: Akibat Virus Korona, Kegiatan Olahraga 2021 Bakal Padat


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengungkapkan bahwa agenda kegiatan olahraga bakal padat di tahun 2021 nanti.Hal tersebut dampak dari pandemi Covid-19 yang memaksa sejumlah agenda kegiatan olahraga 2020 ditunda.

“Kegiatan-kegiatan yang akan kita hadapi di 2021 adalah baik yang sudah terjadwal maupun yang jadwalnya dimundurkan. Banyak kegiatan yang tadinya dijadwalkan pada 2020, dimundurkan menjadi di 2021, akan padat kegiatan kemenpora di tahun 2021,” ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Kamis (14/5) dalam Seminar Virtual Kemenpora.

Zainuddin menuturkan sejumlah agenda yang bakal terselenggara pada tahun 2021, diantaranya Asian Indoor and Martial Art Games, Piala Dunia U20, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo, Asean School Games, Islamic Solidarity Games, HAORNAS, World Beach Games, PON dan PEPARNAS, POPNAS dan PEPAPERNAS, Asian Youth Games, Sea Games 2021, MotoGP 2021 Mandalika, dan Asean Para Games.

“Inilah kegiatan kita di tahun 2021 yang sangat padat, yang membutuhkan persiapan yang matang,” imbuhnya.

Baca juga :Jelang Olimpiade Greysia Dapat Program Khusus

Zainuddin menghimbau kepada para pengurus cabor, pelatih atlet dan seluruh stake holder olahraga untuk mempersiapkan agenda Pemusatan Latihan Nasional ataupun Daerah pada masa recovery pandemi Covid-19 yang akan datang.

“Kegiatan pelatnas sudah melakukan protokol ketat. Kami tetap memantau apa yang dilakukan cabang-cabang olahraga yang melakukan latihan di pelatnas dalam bentuk latihan mandiri,” ujar Zainuddin.

Selain Pelatnas, Kemenpora juga memantau Pelatda yang bersiap mengikuti PON yang tengah melakukan latihan mandiri dibawah bimbingan para pelatih secara virtual.

“Saya mengapresiasi pimpinan cabor supaya menjaga kebugaran para atlet, kami tahu bahwa itu tidak akan maksimal untuk tujuan prestasi, baik itu Olimpiade maupun PON, tetapi dalam situasi seperti ini, upaya seminimal apapun harus kita lakukan untuk menjaga kebugaran,” tuturnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT