14 May 2020, 15:52 WIB

Lion Air Akui Sejumlah Penerbangan Langgar Pembatasan Jarak


Hilda Julaika | Ekonomi

BANDARA Soekarno Hatta pagi ini (14/5) sempet mencuri perhatian lantaran adanya antrean penumpang yang mengular di Terminal II. Penyebabnya karena adanya 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink.

Menanggapi ini, Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengklaim pesawat Batik Air (di bawah Lion Air Group) telah menerapkan standar operasional penerbangan.

Namun, ia pun membenarkan adanya jumlah penumpang yang diterbangkan pada penerbangan tertentu melebihi batas aturan penerbangan saat PSBB, lebih dari 50%.

“Untuk jumlah tamu yang diterbangkan pada penerbangan tertentu (lebih dari 50%), disebabkan atas situasi perubahan periode perjalanan (reschedule) dari beberapa tamu atau penumpang dikarenakan kebutuhan mendesak serta perjalanan grup dari keluarga atau rombongan (group booking) yang menginginkan dalam satu penerbangan dengan duduk berdekatan (satu baris),” ungkap Danang melalui keterangan resminya, Kamis (14/5).

Lebih rinci pihaknya menjelaskan, Batik Air berupaya mengakomodir kebutuhan perjalanan udara para penumpang. Dengan mengoptimalkan pengaturan jarak aman penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada penerbangan. Selain itu, seluruh tamu atau penumpang wajib menggunakan masker sesuai aturan protokol kesehatan.

Menurut data reservasi (pembukuan pemesanan tiket pesawat udara) jumlah calon tamu lebih dari angka tersebut. Hal ini penjelasan Danang, sebagai salah satu upaya antisipasi dalam mengakomodir kebutuhan bepergian menggunakan pesawat udara apabila terjadi penolakan kelengkapan dokumen perjalanan bagi calon tamu di terminal keberangkatan, sehingga masih bisa melakukan proses pengajuan pengembalian dana (refund) serta memberikan kesempatan bagi calon tamu untuk dapat memilih penerbangan berikutnya.

Meski terdapat penerbangan yang mengangkut lebih dari 50% penumpang. Pihak Lion Air Group mengatakan data rata-rata penumpang yang diangkut pada penerbangan hari ini kurang dari atau mencapai 50%.

“Batik Air memberikan klarifikasi terkait perkembangan informasi mengenai jumlah tamu yang diterbangkan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK), secara data akurat (actual) adalah rata-rata kurang dari atau mencapai 50%,” imbuhnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT