14 May 2020, 15:30 WIB

160 Detik Latihan HIIT Per Hari Dapat Bakar Lemak Hingga 6 Jam


Fetry Wuryasti | Weekend

LATIHAN intensitas tinggi berinterval (high intensity interval training/HIIT)  empat detik latihan intensitas tinggi yang diulang secara berkala sepanjang hari dapat menangkal beberapa konsekuensi metabolisme yang tidak sehat dari duduk selama berjam-jam. Demikian hasil sebuah studi yang terbit pada bulan April di Medicine & Science in Sports & Exercise. 

Para ilmuwan Texas ini merekrut delapan pria dan wanita muda yang sehat dan meminta mereka untuk menghabiskan satu hari penuh di laboratorium yang duduk, naik hanya untuk makan atau mengunjungi kamar mandi.

Pagi berikutnya, para sukarelawan kembali ke lab untuk sarapan es krim, sementara para ilmuwan memantau respons metabolisme tubuh mereka selama enam jam ke depan.

Kemudian, pada hari yang terpisah, para relawan duduk lagi, kecuali beberapa detik setiap jam, ketika mereka berlari sprint. Sprint ini dilakukan pada jenis sepeda stasioner, untuk menguji kekuatan kaki dan paru-paru.

Dalam tes-tes itu, mereka menghasilkan kekuatan dan mencapai tenaga habis-habisan dalam waktu sekitar empat detik mengayuh.

Para sukarelawan menyelesaikan sesi interval singkat ini sekali setiap jam selama delapan jam, dengan total 160 detik latihan aktual hari itu. Respon metabolik mereka menunjukkan kadar trigliserida darah yang lebih rendah untuk memulai dan membakar lebih banyak lemak selama enam jam berikutnya.

Hasilnya menunjukkan bahwa melakukan olahraga yang sering, intens, dan dengan interval pendek dapat menghindarkan dari beberapa efek buruk daripada duduk sepanjang hari.

Ed Coyle, seorang profesor kinesiologi dan pendidikan kesehatan di University of Texas, mengatakan ini merupakan studi kecil jangka pendek sehingga hasilnya belum komplit.

"Mereka tidak memberi tahu kami apakah interval empat detik mewakili dosis olahraga yang tepat atau hanya yang paling masuk akal. Penelitian ini juga mengandalkan jenis sepeda yang tidak biasa. Sepeda stasioner standar atau versi kelas spin kemungkinan akan mengharuskan kita untuk mengayuh lebih dari empat detik untuk mencapai tingkat aktivitas habis-habisan," kata Coyle.

Tetapi teori yang mendasari penelitian ini tetap menarik dan dapat dicapai, tambahnya. Ketika Anda mendapati diri Anda duduk hampir sepanjang hari, cobalah untuk sering bangkit dan bergerak, sebaiknya dengan intens, sesering mungkin di siang hari dan selama beberapa detik yang Anda bisa lakukan. (M-1)

BERITA TERKAIT