14 May 2020, 15:07 WIB

Antisipasi Penumpang Kapal Membludak, ASDP Siapkan Bufferzona


Hilda Julaika | Ekonomi

MENGANTISIPASI membludaknya penumpang pada jalur penyeberangan laut, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyiapkan bufferzone (lahan terbuka).

Direktur Utama (Dirut) ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pihaknya telah menyiapkan bufferzone untuk pengecekan tiket dan dokumen terkait dari penumpang.

“Bufferzone ini melakukan fungsi kontrol terkait kesesuaian data tiket yang telah dipesan terhadap jumlah penumpang yang ada di dalam kendaraan,” ujarnya melalui konferensi secara virtual, Kamis (14/5).

Selain itu, Bufferzone berfungsi untuk mengakomodir pengguna jasa yang belum membeli tiket online. Serta melakukan fungsi kontrol terhadap jumlah penumpang dalam kendaraan, antisipasi terdapat pengguna jasa yang diam-diam bersembunyi dalam kendaraan untuk dapat melakukan mudik ke pelabuhan tujuan.

Baca juga ;Langgar PSBB, Kemenhub akan Tindak Tegas Operator Bandara

Namun, pihaknya memastikan logistik dan penumpang yang sudah masuk ke pelabuhan dipastikan sudah melalui tahap clearance dari Tim Gugus Tugas. Sehingga ketika sudah memasuki area pelabuhan dan kapal penerapan social distancing sesuai panduan diberlakukan oleh PT ASDP.

“Kami cek pointnya di luar pelabuhan, orang yang lolos di pelabuhan diasumsikan sudah oke. Kami juga ke Pemerintah Daerah koordinasi soal aliran orang bila sempet agak membludak, sempet ke Pemda gimana aliran orang juga diatur. Kuncinya adalah koordinasi,” jelasnya.

Sebagai informasi, ASDP memantau per harinya terdapat sekitar 4 ribu kendaraan logistic yang masuk ke pelabuhan. Sementara itu, untuk kendaraan pribadi mencapai sekitar 100 kendaraan. Adapun kendaraan pribadi ini yang lolos adalah untuk kebutuhan khusus seperti dinas negara atau ketika ada penumpang yang harus ke daerah tujuan karena ada keluarga yang sakit. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT