14 May 2020, 14:55 WIB

PSBB: Polresta Cirebon Tilang Puluhan Kendaraan Pemudik


Nurul Hidayah | Nusantara

SEPANJANG pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Provinsi Jawa Barat, puluhan kendaraan pemudik yang melewati wilayah hukum Polresta Cirebon ditilang.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi menjelaskan bahwa selama pelaksanaan PSBB yang dimulai 6 Mei, puluhan kendaraan pemudik maupun travel gelap telah mereka tilang. "Ada juga yang diputarbalikkan kendaraannya ke tempat asal mereka," ungkap Syahduddi, Kamis (14/5).

Hingga hari ini sedikitnya 57 kendaraan yang teridentifikasi membawa pemudik dan melakukan pelanggaran telah ditilang oleh jajaran Polresta Cirebon. Kendaraan yang ditilang tersebut berupa travel gelap. ada juga truk barang namun justru mengangkut manusia.

Mengenai jalur alternatif, Syahduddi mengakui banyak pemudik yang mencari jalur alternatif untuk pulang kembali ke kampung halamannya, terutama pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

"Tapi tidak hanya di titik check point, kami juga menempatkan petugas kami di jalur-jalur alternatif tersebut," ungkap Syahduddi. Sehingga tidak ada pemudik yang bisa masuk ke wilayah hukum Polresta Cirebon sekalipun melalui jalur
tikus.

Sanksi tilang, lanjut Syahduddi diberikan untuk memberikan efek jera bagi pengendara yang tidak mematuhi aturan dari pemerintah. Sanksi tilang diberikan dengan denda paling berat dan masa waktu sidang paling lama. "Ini dilakukan bukan untuk mempersulit warga namun untuk memberikan efek jera sehingga tidak diulang lagi oleh yang bersangkutan di masa yang akan datang," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pembagian BLT di Subang Abaikan Protokol Covid-19

 

BERITA TERKAIT