14 May 2020, 14:30 WIB

Hearn Pertanyakan Integritas Izinkan Tyson Bertarung Lagi


Basuki Eka Purnama | Olahraga

PROMOTOR tinju Eddie Hearn mempertanyakan apakah mengizinkan Mike Tyson yang kini berusia 53 tahun kembali bertanding etis.

Sebuah video yang diunggah di Instagram Tyson, pekan ini, memperlihatkan mantan juara tinju kelas berat dunia itu berlatih. Dia mengatakan ingin bertanding kembali di laga eksebisi untuk mengumpulkan dana.

Hearn mengakui dirinya diminta mempromosikan laga Tyson. Namun, dia mempertanyakan pantaskah meraup keuntungan dari petinju yang sudah uzur.

"Saya ingin melihat dia bertanding lagi. Namun, saya merasa tidak bertanggung jawab membiarkan seorang legenda berusia 53 tahun bertanding lagi," ujar Hearn.

Baca juga: Naseem Hamed Yakin Fury akan Kalahkan Joshua

"Dia mungkin saja bisa bertanding lagi dan tampil apik. Namun, apakah kita pantas menuntut itu dari seorang legenda."

"Ada sebuah garis batas, dan saya telah melewatinya beberapa kali, antara integritas olahraga demi meraup keuntungan. Tugas kita adalah menghasilan keuntungan untuk televisi namun kita tetap harus melakukannya dengan integritas," lanjutnya.

Mantan juara dunia kelas berat lainnya, Evander Holyfield, mengumumkan dia berencana kembali lagi ke atas ring di usia 57 tahun. Holyfield ingin menggalang dana untuk para petugas medis dan anak-anak korban covid-19.

Hearn merasa para mantan petinju melihat kesempatan terakhir untuk meraih keuntungan ketika mereka mempertimbangkan bertanding lagi.

"Petinju dan legenda melihat petinju lainnya meraup keuntungan lewat laga yang mereka rasa tidak penting," kata Hearn.

"Tyson tidak berpikir mengenai warisannya. Dia berpikir berapa banyak uang yang bisa saya dapatkan. Sesederhana itu. Dan jawabannya, uang yang sangat banyak," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT