14 May 2020, 07:19 WIB

Positif Korona di Manggarai Barat Bertambah Dari Klaster Gowa


John Lewar | Nusantara

DELAPAN pasien positif covid-19 klaster Gowa dan  satu klaster Magetan yang dikarantina di GOR Labuanbajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT dipindahkan ke ruang isolasi rumah sakit rujukan covid-19 RSUD Komodo, Rabu (13/5) malam pukul 20.00 Wita. Pemindahan ini setelah keluarnya laporan hasil swab dari laboratorium RS WZ Yohanes Kupang yang menyatakan 8 orang dari klaster Gowa ini positif covid-19. Empat unit mobil ambulans dikerahkan untuk mengangkut para pasien covid-19 ini.

"Ya sudah tadi malam ke 8 orang itu dipindahkan oleh tim gugus tugas dari rumah karantina menuju rumah sakit untuk diisolasi agar tidak menular ke orang lain," kata Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19, Ismail Surdi, Kamis (14/5).

Penjabat sekretaris daerah itu menyebut  8 pasien positif covid ini bagian dari klaster Gowa yang totalnya berjumlah 22 orang. Mereka menjalani karantina setelah mengikuti ijtimak ulama sedunia di Gowa, Sulawesi Selatan. Pada awal Mei lalu, hasil swab dari Balitbangkes Jakarta menunjukkan dari 22 orang ini, dua di antaranya positif covid-19 setelah hasil swab keluar. Kemudian sisa sampel dikirim ke laboratorium  RS WZ Yohanes Kupang, dan hasil swab 8 positif. Ditambah satu santri dari Temboro, Magetan yang juga positif covid-19.

Saat ini total pasien positif covid-19 di Manggarai Barat menjadi 11 orang. Enam orang dirawat di RSUD Komodo dan lima orang lainnya di RS Siloam Labuan Bajo, 

baca juga: Pekerja Migran Mudik akan Dikarantina

Atas peristiwa itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus Dula mengingatkan dan mengimbau masyarakat harus mentaati imbauan pemerintah untuk menjalani protokol kesehatan covid-19. Sebelumnya bupati saat sidak di sejumlah pasar ditemukan banyak pelanggaran dilakukan pedagang dan pengunjung terhadap protokol kesehatan covid-19, di antaranya tidak memakai masker dan berkerumun. (OL-3)

BERITA TERKAIT