14 May 2020, 06:17 WIB

Bupati Minahasa Tenggara Minta Sulut Tidak Usulkan PSBB


Antara | Nusantara

BUPATI Minahasa Tenggara James Sumendap meminta Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tidak mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), meski terjadi kenaikan kasus covid-19 di provinsi tersebut. 

"Saya minta ke Gubernur agar tidak mengajukan usulan PSBB ke pemerintah pusat. Meski harus diakui pandemi covid-19 sudah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan masyarakat," kata James di Ratahan, Rabu (13/5).
  
Ia mengatakan PSBB tak harus dilakukan, asalkan pemerintah kabupaten/kota di Sulut memberlakukan protokol pencegahan covid-19 secara ketat. 
  
"PSBB ini tidak perlu, bahkan tidak penting diberlakukan. Tapi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di kabupaten serta kota di Sulawesi Utara harus lebih serius lagi dalam penanganan pencegahan covid-19," ujarnya.
  
Ia berharap gubernur dapat menginstruksikan kepada seluruh pemerintah daerah di Sulut, agar lebih memperketat pengawasan aktivitas pelaku perjalanan di setiap pintu masuk wilayahnya, dan serius menjalankan protokol kesehatan.
  
James mengakui Minahasa Tenggara mulai melakukan penerapan yang ketat terhadap protokol kesehatan bagi warganya, serta melakukan pemeriksaan dan pengetatan bagi para pelaku perjalanan di daerah tersebut, sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama covid-19. Pelaksanaan kebijakan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pihak TNI dan Kepolisian.

baca juga: PSBB Malang Raya Berlaku Mulai 17 Mei
  
"Sejak Maret atau ketika Presiden mengumumkan kasus pertama covid-19. Kami di Minahasa Tenggara sudah melaksanakan bahkan mewajibkan protokol pencegahan diterapkan. Bahkan di setiap pintu masuk, sudah dilakukan pemeriksaan secara ketat terhadap pelaku perjalanan. Bersyukur Minahasa Tenggara sampai saat ini, belum ada terkonfirmasi positi covid-19." terang James. 
  
Selain itu dia mengingatkan kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut agar tidak melakukan perjalanan keluar Minahasa Tenggara, untuk menghindari terjadinya penyebaran dari transmisi lokal. (OL-3)

BERITA TERKAIT