14 May 2020, 06:50 WIB

Legislator NasDem Sumbang APD Rp500 Juta


Pro/Medcom/P-3 | Politik dan Hukum

FRAKSI NasDem DPR menyumbang alat pelindung diri (APD) dan alat medis yang nilainya mencapai Rp500 juta ke Dompet Kemanusiaan Media Group (DKMG). Ini kedua kalinya NasDem menyalurkan sumbangan untuk penanganan covid-19. “Yang kemarin berupa dana, hari ini berupa APD. Ini tentu sangat dibutuhkan,” ungkap Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR Willy Aditya di kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta, kemarin.

Bantuan yang diserahkan itu berupa 1.350 hazmat spunbon, 180 hazmat sheba, 4.000 masker N95, 650 sarung tangan bedah, 132 kacamata, 80 pelindung wajah, 50 sepatu pelindung, 1.600 pembungkus sepatu, 10 boks aerosol, 190 baju bedah steril, 110 baju bedah nonsteril, dan 200 pasang sarung obgyn.

Menurut Willy, bantuan tersebut berasal dari iuran anggota. Setiap anggota Fraksi NasDem sukarela menyisihkan sebagian gaji mereka untuk penanganan wabah covid-19. “Jumlahnya setiap periode (bulan) kita menyumbangkan setengah miliar rupiah dari potongan gaji anggota Fraksi NasDem secara sukarela,” jelasnya.

Ia menyebut Fraksi NasDem berkomitmen untuk membantu pemerintah dan masyarakat selama pandemi covid-19. Donasi setengah gaji anggota fraksi akan terus dilakukan selama virus korona masih mewabah. “Di sinilah seseorang diuji, di sinilah partai atau organisasi membuktikan dirinya hadir bersama dan peduli. Bukan hanya gimik, bukan hanya pencitraan,” tegas anggota Komisi I DPR itu.

Seluruh bantuan itu disalurkan ke fasilitas kesehatan yang membutuhkan. DKMG dibantu Co-Hope untuk menyeleksi kebutuhan fasilitas dan mendistribusikan bantuan. Tim operasional Co-Hope Muhammad Ikhsan Nur Karim mengapresiasi bantuan yang diberikan Fraksi NasDem itu.

Bantuan tersebut akan disalurkan ke berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia, terutama daerah yang masuk kategori zona merah virus korona.

“Seperti Kalimantan, NTT, dan beberapa daerah di Pulau Sulawesi. Kami juga sudah mengirimkan beberapa kali ke Papua yang meningkat kasus ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan),” kata Ikhsan.

Lebih lanjut, Willy menyatakan NasDem merupakan salah satu kelompok yang aktif memberikan bantuan selama pandemi virus korona. Ada beberapa alasan politikus NasDem royal memberikan bantuan, di antaranya teladan dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

“Beliau sudah mendedikasikan hidupnya terhadap hal-hal yang sifatnya bencana secara cepat.” (Pro/Medcom/P-3)

BERITA TERKAIT