14 May 2020, 08:00 WIB

Menkeu : Putusan Pelonggaran PSBB Berdasarkan Data


Hilda Julaika | Ekonomi


MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani angkat bicara soal potensi pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  

Sri Mulyani memastikan pelonggaran PSBB ini didasarkan pada data. Jika terjadi penurunan penyebaran covid-19, ada kemungkinan pelonggaran PSBB dilakukan. Ia juga memastikan pemerintah tidak akan mengeluarkan kebijakan yang membahayakan masyarakat.

“Sekarang ini Presiden Jokowi dan kabinet terus setiap hari dan melakukan sidang kabinet tiap pekan untuk melihat data mengenai masalah penyebaran virus ini,” ujar Sri Mulyani saat mengisi acara Indonesia Moving Forward “Macro Outlook dan Peluang Kebangkitan Ekonomi Pacapandemi Covid-19, Rabu (13/5).

Data yang diamati berupa provinsi mana saja yang melakukan PSBB. Lalu apabila menerapkan PSBB apakah berdampak pada penurunan penyebaran virus covid-19. Termasuk mendengarkan daerah lainnya yang tidak menerapkan PSBB. Namun, menerapkan mekanisme adat atau kearifan lokal, seperti Bali melalui Desa Adat.

“Jadi Indonesia ini dilihat situasinya yang PSBB dan juga melakukan kearifan lokal. Kita melihat situasi ini dengan tetap berfokus dengan mengutamakan keselamatan masyarakat. Nanti Bapak Presiden akan menentukan itu basisnya data,” jelasnya.

Apabila data melalui kurva tersebut sudah terkonfirmasi,didukung serta masyarakat yang telah melakukan social distancing secara disiplin maka mulai dipertimbangkan pelonggaran PSBB. Termasuk untuk pembukaan aktivitas ekonomi bisa dimulai kembali. (E-1)

BERITA TERKAIT