13 May 2020, 19:20 WIB

Liga Portugal Dilanjutkan 4 Juni


Akmal Fauzi | Sepak Bola

LIGA Portugal mengonfirmasi memulai kompetisi mereka pada 4 Juni mendatang. Hal itu menyusul dari keputusan pemerintah mengizinkan kompetisi kembali bergulir tetapi dengan syarat seluruh pertandingan digelar tertutup.

Kompetisi sepak bola tertinggi di Portugal itu telah ditangguhkan sejak 12 Maret lalu karena pademi virus korona (Covid-19).

Baca juga: Gubernur Arizona Buka Kembali Kompetisi Olahraga

Perdana menteri Portugal, Antonio Costa, pada bulan lalu memberikan lampu hijau kepada liga untuk kembali menggulirkan kompetisi tanpa penonton mulai 30 Mei. Otoritas liga telah mengonfirmasi bahwa akan melanjutkan kompetisi mereka yang memasuki pekan ke-25 pada 4 Juni.

“Selama beberapa hari terakhir, berbagai entitas telah melakukan pertemuan berturut-turut untuk menyatukan kesepakatan sehingga kelanjutan kompetisi bisa berlangsung dengan aman dan semua langkah proteksi yang mengurangi risiko kembali ke aktivitas," tulis pernyataan mereka.

Para klub diminta patuh kepada protokol yang diterapkan oleh Kementerian Kesehatan Portugal. Mulai dari tes yang dilakukan kepada segenap personel klub hingga kesterilan di lingkup stadion.

“Diharapkan kerja sama ini melalui DGS (Menteri Kesehatan Portugal), FPF (Asosiasi Sepak Bola Portugal), dan Liga Portugal akan menjadi model dimulainya kembali aktivitas ekonomi lainnya, dengan tujuan kompetisi profesional ini bisa menjadi contoh praktik baik di tengah pandemi ini," lanjutnya.

Dengan keputusan ini, Portugal jadi liga top Eropa kedua yang berani melanjutkan kompetisi di tengah pandemi korona. Sementara Bundesliga jadi kompetisi pertama yang telah menetapkan mulai menghelat kompetisi per akhir pekan ini. (Goal/OL-6)
 

BERITA TERKAIT