13 May 2020, 17:05 WIB

Gubernur Arizona Buka Kembali Kompetisi Olahraga


Deden Muhamad Rojani | Olahraga

Ketika liga olahraga profesional Amerika Serikat gamang dengan ketidakpastian darurat pandemi virus korona berakhir, gubernur Arizona telah membuka jalan bagi kompetisi olahraga.

Gubernur Doug Ducey mengatakan liga profesional akan melanjutkan kegiatannya dengan batasan-batasan keamanan yang ketat di Arizona pekan depan setelah peraturan tinggal di rumah berakhir.

"Kami telah berdiskusi dengan para pemimpin serta beberapa liga itu. Mereka semua tahu mereka diizinkan untuk beroperasi, bermain dan tampil di negara bagian Arizona," kata Ducey dikutip AFP.

Ducey menambahkan bahwa pertandingan harus dimainkan tanpa penonton di tribun dan tim harus mengikuti protokol perlindungan untuk menangkal potensi penyebaran virus covid-19.

Baca juga: Setelah Sepak Bola dan Bisbol, Kini Korsel Gelar Turnamen Golf

Derrick Hall, Presiden Major League Baseball Arizona Diamondbacks mengatakan kepada The Arizona Republic bahwa dirinya senang mendengar keputusan gubernur yang mengizinkan event olahraga digelar di wilayah pemerintahannya.

Pemilik dan pemain Major League Baseball sedang berdiskusi mengenai bagaimana membuka musim 2020 yang belum dimulai.

Para pemilik dilaporkan sudah mengajukan proposal kepada para pemain untuk memulai musim pada awal Juli di stadion bisbol tanpa penonton.

Jadi, masih harus dilihat apakah pemain akan setuju atau menolak rencana karena khawatir dengan keselamatan. Atau mungkin ada pemain yang tidak sepakat dengan kompensasi pada musim yang diperpendek.

NBA dan NHL menghentikan musim kompetisi pada Maret dan bergulat dengan bagaimana mereka bisa melanjutkan musim yang biasanya sudah mendekati akhir.

NFL telah mengumumkan rencana untuk memulai musim 2020 sesuai jadwal pada September, namun persiapan pramusim telah terganggu dan fasilitas tim diperintahkan untuk ditutup di tengah aturan social distancing dan perintah tinggal di rumah yang bervariasi. Masing-masing negara bagian menerapkan aturannya sendiri terkait pandemi covid-19. (Dmr/OL-14)

BERITA TERKAIT