13 May 2020, 16:19 WIB

14 ABK MV Long Xin Tunggu Hasil Tes Swab di Panti Sosial


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

SEJUMLAH awak anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia dari kapal berbendera asing menjalani perawatan covid-19 sepulang ke Tanah Air.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menuturkan, para ABK ada yang dirawat di Wisma Atlet dan mengisolasi mandiri di hotel di Jakarta.

"ABK yang dirawat di Wisma Atlet sebanyak 172 orang," kata Yudo dalam laporanya, Jakarta, Rabu (13/5).

Total ada 1.567 ABK yang tercatat menjalani perawatan covid-19. Dari jumlah itu, 1.006 orang dinyatakan negatif covid-19 dan sebanyak 389 menunggu hasil swab test.

Sebanyak 172 orang yang dirawat di Wisma Atlet ialah 15 ABK Kapal MV Arthania. Dari sebelumnya ada 58 orang yang dirawat, 43 orang sudah diperbolehkan pulang.

Baca juga: ​​​​​​​Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Rp491,55 Triliun

Lalu, 156 ABK MV Freedom + Carnival Valor. Dari 211 orang yang dirawat, 55 orang pulang karena sembuh dari covid-19. Lalu ada 1 ABK dari MV Poluma Portugal yang dinyatakan positif covid-19. Sisanya 177 ABK dari Kapal MV Amsterdam sudah dipulangkan.

Yudo juga menerangkan, untuk yang masih mengsiolasi di hotel ialah sebanyak 93 ABK dari MV Quantum of The Sea mengisolasi diri di Hotel Grand Mercure Jakarta, Jakarta Pusat.

Sebanyak 42 ABK dari Kapal MV Viking Orion juga tengah mengisolasi diri di Hotel Pullman, Jakarta Pusat. Mereka sedang menunggu hasil swab test.

Kemudian, sebanyak 30 ABK dari Kapal MV Win Spirite berada di Ambhara Hotel, Jakarta Selatan. Mereka juga sedang menunggu hasil swab test.

Baca juga: Keluarga ABK Long Xin Dikabari Jenazah Dimakamkan secara Islam

Sebanyak 11 ABK dari Kapal MV Costa Cruise berada di Swiss Belhotel Cengkareng, Jakarta Barat. Mereka dinyatakan negatif covid-19 dan bakal dipulangkan ke daerah masing-masing.

Serta 14 ABK MV Long Xin menunggu hasil swab di Panti Sosial Bambu Apus, Jakarta Timur.

Lalu, 375 ABK dari Kapal MV Carnival juga sudah dipulangkan ke daerah asalnya serta 196 orang dari Jamaah Tabligh, masih diisolasi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. (X-15)

BERITA TERKAIT