13 May 2020, 15:50 WIB

Penerima Bansos DKI Capai 2,1 Juta KK, Pusat Bantu 1,3 Juta KK


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan jumlah penerima bantuan sosial (bansos) tahap kedua mencapai 2,153.196 Kepala Keluarga (KK). Dari jumlah tersebut, pemberian sembako bakal dibantu oleh pemerintah pusat atau Kementerian Sosial.

"Angka ini kami sudah rapat dengan Kemensos. Alhamdulilah pemerintah pusat akan memberikan bantuan sebesar 1,3 juta KK paket (sembako). Sisanya, 853.196 KK melalui Pemprov DKI," ucap Riza saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (13/5).

Rencananya, pembagian bansos kedua bakal disalurkan besok (14/5).

Riza mengatakan ada penambahan 943.358 KK dari jumlah penerima bansos tahap pertama. Data penerima bansos sebelumnya berjumlah 1,2 juta jiwa. Penambahan itu didapat dari rekomendasi ketua RW yang berada di tiap kelurahan di Jakarta.

Baca juga: Ormas Minta THR, Polisi: Kalau Ada Take and Give, Enggak Masalah

"Data tambahan ini dari ojol, nelayan, UKM terdampak, opang, supir taksi, bajaj, supir angkot, pengemudi bus, pekerja seni, warga Jateng dan lainnya," jelas Riza

Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, S. Andyka membeberkan ada penambahan isi paket sembako tahap kedua. Satu paket untuk bansos kedua ini seharga Rp255 ribu dari sebelumnya Rp149.500.

Isi atau makanan dalam paket sembako pun otomatis bertambah. Warga terdampak covid-19, bakal mendapat 10 kilogram (kg) dari sebelumnya 5 kg.

"Ada sarden juga. Jadi empat kaleng. Ada biskuit. Ada kecap," kata Andyka, Selasa (12/5). (OL-14)

 

BERITA TERKAIT