13 May 2020, 13:55 WIB

Petani Khawatir Panen Raya Bawang Merah Harga Turun


Palce Amalo | Ekonomi

PETANI di desa-desa di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur panen raya bawang merah, Rabu (13/5). "Hari ini mulai panen bawang merah, langsung dipasok ke pasar," kata Imanuel Nadek, pedagang bawang merah di Pasar Tradisional Kasih, Kelurahan Naikoten 1 Kupang.

Imanuel mengatakan panen raya bawang merah akan berlangsung hingga Juni sehingga potensi penaikan harga bawang merah jelang Idul Fitri dapat dicegah. Sebaliknya, harga bawang merah diprediksi segera turun.

Saat ini harga bawang merah di pedagang pasar bervariasi antara Rp35 ribu per kilogram sampai Rp40 ribu per kilogram. Dia menyebutkan harga bawang merah melonjak sejak dua bulan terakhir karena pasokan dari petani ke pasar relatif berkurang. "Jika pasokan bawang ke pasar bertambah, harga pasti turun, ujarnya.

Pada Rabu siang, Imanuel memasok ratusan kilogram hasil panen bawang merah dari Kupang Barat ke pasar, yang kemudian dijual seharga Rp25 ribu per kilogram."Saya akan jual Rp25 ribu per kilogram," ujarnya.

Namun, harga bawang sebesar itu masih tinggi jika dibandingkan harga bawang merah pada panen raya satu tahun sebelumnya, turun hingga Rp15 ribu per kilogram.

Pedagang lainnya, Ice Tungga mengatakan harga bawang merah perlahan mulai turun. Pekan lalu, bawang merah sebesar Rp35 ribu per kilogrm, kini sudah turun menjadi Rp30 ribu per kilogram. Namun, penuruan harga belum terjadi merata di seluruh pedagang.

Turunya harga bawang menjadi Rp35 ribu per kilogram disebabkan permintaan berkurang karena warga tidak berbelanja ke pasar akibat pandemi virus korona

Pasokan bawang merah ke pasar-pasar tradisional di Kupang berasal dari tiga sentra produksi yakni Kupang Barat, Rote Ndao dan Pulau Semau. Jika seluruh sentra produksi bawang merah panen, Ice memastikan harga bawang turun lagi.

Selain itu, harga bahan kebutuhan lainnya tidak mengalami lonjakan, kecuali gula yang dijual Rp22 ribu per kilogram di sebagian kecil pedagang. Namun, umumnya pedagang menjual gula dengan harga Rp18 ribu dan Rp19 ribu per kilogram. (OL-13)

BERITA TERKAIT