13 May 2020, 10:58 WIB

Sudah Tiga Kali Rapat, Harga Gula dan Bawang tidak Kunjung Turun


Andhika Prasetyo | Ekonomi

RAPAT terbatas terkait pembahasan kebutuhan bahan pokok sudah tiga kali digelar dalam sebulan terakhir.

Rapat perdana digelar pada 21 April dan kemudian dilanjutkan pada 28 April.

Hari ini, Rabu (13/5), rapat kembali diselenggarakan namun masih belum ada tanda-tanda harga bahan pangan seperti bawang merah dan gula pasir akan turun.

"Ini sudah yang ketiga kali kita berbicara masalah bahan pokok karena urusan stok ketersediaan dan stabilitas harga sangat penting kita monitor setiap hari, setiap minggu," ujar Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas, Rabu (13/5).

Baca juga: Kementan Dorong Percepatan Tanam Bawang Merah 

Dari laporan yang dihimpun, ia melihat harga bawang merah secara rata-rata nasional masih di atas Rp50 ribu per kilogram (kg). Padahal, pemerintah menetapkan harga acuan untuk komoditas tersebut sebesar Rp32 ribu per kg.

Begitu pun dengan gula pasir. Harga bahan pokok itu masih berada di kisaran Rp17 ribu per kg. Jauh di atas harga eceran tertinggi yang ditetapkan yakni Rp12.500 per kg.

"Ini harus dilihat masalahnya ada dimana, apakah masalah distribusi atau stok kurang atau ada yang sengaja mempermainkan harga untuk mendapat keuntungan besar," tegasnya.

Ia pun meminta Menteri Perdagangan betul-betul mengecek kondisi di lapangan agar harga bisa dikontrol dan dikendalikan. (OL-1)

BERITA TERKAIT