13 May 2020, 09:51 WIB

Tiongkok Gandeng Kanada untuk Uji Coba Vaksin Covid-19


Nur Aivanni | Internasional

CANSINO Biologics Inc, perusahaan Tiongkok yang ada di belakang salah satu dari beberapa kandidat vaksin virus korona yang sudah dalam uji klinis, bekerja sama dengan Dewan Riset Nasional (NRC) Kanada untuk membuka jalan uji coba vaksin itu di Kanada. Hal itu dikatakan NRC, Selasa (12/5).

NRC mengatakan akan meningkatkan proses produksi untuk kandidat vaksin CanSino di fasilitas pemerintah di Montreal dan CanSino sedang mempersiapkan permohonan uji klinis kepada Health Canada, regulator obat negara tersebut.

Vaksin CanSino sedang dalam uji coba awal dan tidak ada cara untuk mengetahui apakah itu akan berhasil. Tetapi jika itu terjadi, kolaborasi tersebut bisa membantu memastikan warga Kanada memiliki akses ke sana.

Baca juga: Lockdown di Venezuela Diperpanjang

Data uji coba lokal bisa meyakinkan Health Canada vaksin itu aman dan pabrik lokal bisa memastikan beberapa dosis tersedia.

Vaksin yang melindungi orang dari covid-19 pada akhirnya bisa mengakhiri pandemi. Tetapi, menemukan vaksin yang berfungsi dan membuat dosis yang cukup merupakan tantangan besar.

Vaksin CanSino diproduksi menggunakan garis sel yang dikembangkan di NRC. Perusahaan menggunakan garis sel yang sama untuk mengembangkan vaksin Ebola.

NRC dan Health Canada tidak segera menanggapi pertanyaan apakah kolaborasi itu memungkinkan Health Canada mempertimbangkan data percobaan yang dikumpulkan di Tiongkok pada akhirnya mengevaluasi vaksin.

Saham CanSino yang terdaftar di Hong Kong naik pada 26 April setelah perusahaan itu mengatakan Health Canada telah sepakat untuk bertemu untuk membahas permohonan uji klinis. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT