13 May 2020, 08:52 WIB

Sidak di Pasar, Bupati Temukan Banyak Pelanggaran


John Lewar | Nusantara

KETUA Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Pesebaran Virus Koron sekaligus Bupati Manggarai Barat, Agustinus Dula mendadak sidak di Pasar Desa Batru Cermin, Kecamatan Komodo. Sidak ini untuk memastikan kepatuhan warga dalam menjalankan imbauan pemerintah terhadap ketertiban warga dalam menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sidak dilaksanakan Rabu (13/5) pukul 7.00 wita, bupati datang ditemani ajudan dan langsung mengecek kondisi pasar. Terlihat masih banyak pelanggaran yang dilakukan warga maupun pedagang.

"Tadi saya tegur langsung kepada pengunjung pasar dan ratusan pedagang. Karena ratusan orang  ditemukan tidak menggunakan masker serta tidak menjaga jarak.Ini salah satu kelalaian yang sangat fatal dalam mencegah dan memutuskan mata rantai penularan virus korona," ungkap bupati.

Dari pemantauannya, ditemukan ratusan orang berkerumun, para pedagang duduk berdekatan. Dan seluruhnya tanpa memakai masker, dan ada pula yang sambil merokok.

"Saya tegur semua karena mereka telah melanggar imbauan pemerintah untuk selalu memakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak," tegasnya.

Kemudian bupati melanjutkan sidak ke Pasar Tippah. Di sana meski akses jalan disekat, masih ditemukan adanya pelanggaran. 

"Yang jelas setelah ini nanti ada evuasi agar petugas pasar tiap hari menyosialisasikan pentingnya menggunakan masker untuk mencegah bahaya virus korona, " tegasnya.

baca juga: JPS Rp19 Miliar untuk Warga Kalsel

Di hadapan warga yang sedang berbelanja di pasar, Bupati Dula meminta semua warga mematuhi larangan pemerintah untuk memutus mata rantai penularan covid-19.

"Saat ini sudah ada dua warga Manggarai Barat positif covid-19. Saya akan mengevaluasi dan mengirim Satpol PP untuk menertibkan pedagang dan warga yuang tidak mematuhi imbauan pemerintah," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT