13 May 2020, 08:30 WIB

Jalani Karantina 11 Orang Positif Korona Kluster Gowa Sembuh


Denny Susanto | Nusantara

SETELAH menjalani masa karantina selama 31 hari, sebanyak 11 orang positif virus korona tanpa gejala yang merupakan bagian kluster Gowa berhasil sembuh. Hingga kini sudah 58 orang terkonfirmasi positif virus korona di Kalimantan Selatan dinyatakan sembuh. Sebelas orang warga Kota Banjarbaru ini dipulangkan dari pusat karantina Balai Diklat BPSDM Hambulung, Kota Banjarbaru, Selasa (12/5) petang.

Koordinator Karantina Khusus Covid 19 Kalsel, Sukamta, Rabu (13/5) mengatakan pusat karantina khusus Hambulung dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan dan tenaga medis memadai sehingga proses penyembuhan penderita virus korona berjalan baik. 

"Ada empat pusat karantina disiapkan Pemprov salah satunya Hambulung yang dilengkapi fasilitas kesehatan dan tenaga medis memadai," tuturnya. 

Pelepasan ke 11 pasien sembuh ini ditandai dengan pemberian bantuan paket sembako dari Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarbaru. Lukman Abdullah salah seorang peserta karantina yang dinyatakan sembuh mengatakan selama menjalani karantina dirinya dan puluhan peserta karantina lainnya mendapat layanan kesehatan memuaskan. Hal ini membantu mempercepat proses penyembuhan mereka dari serangan virus korona. 

Balai Diklat BPSDM Hambulung sejauh ini telah mengkarantina sebanyak 80 orang dari berbagai kabupaten/kota. Saat ini ada 12 orang positif korona tanpa gejala baru mulai menjalani karantina. Selain Hambulung, Pemprov Kalsel dalam upaya percepatan penanganan pandemi virus korona telah menetapkan lokasi karantina lain seperti gedung Bapelkes, asrama haji dan SMA Banua milik Pemprov Kalsel. Sementara berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel menyebutkan hingga kini jumlah kasus positif virus korona melonjak mencapai 277 kasus. Sebanyak 199 orang tengah dirawat di sejumlah rumah sakit maupun karantina khusus. 

baca juga: Deteksi Lebih Dini, Rapid Test Massal Digelar

Tercatat kasus pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 27 orang dan pasien sembuh 58 orang. Ada 1.033 orang dalam status orang dalam pemantauan (ODP) dan 70 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). 

"Jumlah pasien sembuh ini bertambah 18 orang. Sedangkan kasus positif virus korona bertambah 15 orang," tutur Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT