13 May 2020, 07:54 WIB

Staf Terinfeksi Covid-19, Pence Putuskan Jaga Jarak dari Trump


Nur Aivanni | Internasional

GEDUNG Putih, Selasa (12/5), mengatakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence memutuskan menjaga jarak dari Presiden Donald Trump setelah sekretaris pers Wapres AS dinyatakan positif covid-19.

Sekretaris Pers Pence, Katie Miller, dinyatakan positif covid-19, pekan lalu, bersama seorang staf Trump.

Dikutip dari France24, Sekretaris Pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan Pence yang mengepalai satgas covid-19 Gedung Putih telah membuat pilihan untuk menjaga jarak selama beberapa hari dari Presiden.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Rusia Jadi yang Tertingi Kedua di Dunia

"Saya hanya ingin mencatat bahwa itu adalah keputusan pribadinya untuk melakukan itu," kata McEnany. "Mengenai berapa hari dia akan melakukannya, itu adalah keputusan wakil presiden."

Pada Senin (11/5), Trump mengatakan Pence telah dinyatakan negatif covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 80 ribu orang di AS.

McEnany juga ditanyai seorang wartawan pada saat briefing di ruang pers Gedung Putih mengapa dia tidak mengenakan masker. Dia bilang jaraknya cukup jauh dari wartawan di ruangan tersebut.

"Saya menjalani pengujian hari ini dan negatif hasilnya, kemarin juga negatif. Saya berada di tempat yang baik," kata McEnany.

Sementara itu, ada tiga anggota dari satgas covid-19 Gedung Putih yang saat ini tengah melakukan karantina. Mereka adalah pakar penyakit menular Anthony Fauci, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Robert Redfield, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Stephen Hahn. (OL-1)

BERITA TERKAIT