13 May 2020, 07:48 WIB

Kasus Covid-19 di Rusia Jadi yang Tertingi Kedua di Dunia


Nur Aivanni | Internasional

RUSIA telah mengonfirmasi 232 ribu kasus virus korona baru (covid-19). Dalam 24 jam terakhir, negara tersebut telah melaporkan 10.899 infeksi, hari kesepuluh berturut-turut angka itu di atas 10.000.

Dikutip dari BBC, Rabu (13/5), dengan begitu jumlah kasus covid-19 di Rusia kini menjadi yang tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Di antara mereka yang terinfeki di Rusia, adalah Juru Bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov.

Media lokal melaporkan, pada Selasa (12/5), Peskov telah dinyatakan positif covid-19 dan sekarang dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Warga Moskow Kembali Bekerja

Peskov adalah pejabat tinggi terbaru yang dinyatakan positif setelah Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin terinfeksi covid-19, dua minggu lalu.

Berita itu muncul sehari setelah Presiden Putin melonggarkan penguncian wilayah atau lockdown di negara itu. Pekerja pabrik dan konstruksi kembali bekerja pada Selasa (12/5), meski Putin memberi daerah kebebasan untuk menetapkan pembatasan yang disesuaikan dengan keadaan setempat.

Peskov mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa dia terakhir kali bertemu langsung dengan Presiden Putin lebih dari sebulan yang lalu. Putin bekerja dari jarak jauh di kediamannya di luar ibu kota dan Kremlin mengatakan kesehatannya dalam kondisi baik.

Pada Senin (11/5), Putin mengumumkan akhir dari enam minggu 'hari tidak bekerja' dalam pidato yang disiarkan televisi. Warga Rusia pun mulai kembali bekerja pada Selasa (12/5) pagi.

Meskipun jumlah kasus yang terkonfirmasi tinggi, jumlah kematian di Rusia hanya 2.116. (Ol-1)

BERITA TERKAIT