13 May 2020, 07:06 WIB

Ribuan Sekolah Kembali Dibuka di Prancis


Basuki Eka Purnama | Internasional

RIBUAN sekolah di berbagai penjuru Prancis, Selasa (12/5), kembali dibuka saat pemerintah melonggarkan aturan lockdown meski ada ketakutan mengenai kemungkinan gelombang kedua covid-19.

Menurut angka yang dirilis pemerintah Prancis, pada Selasa (12/5), ada 348 kasus baru covid-19 sehingga jumlah total secara nasional menjadi 26.991.

Meski begitu, sekolah dasar dan taman kanak-kanak dibuka kembali dengan guru mengenakan masker dan anak-anak duduk secara terpisah untuk mencegah penyebaran covid-19.

Baca juga: Kereta di India Kembali Beroperasi

Bagi Gregory Bouvier, kepala sekolah sebuah taman kanak-kanak di Rennes, pembukaan sekolah itu sedikit tidak bisa dipercaya.

"Bukan sebuah kebiasaan di taman kanak-kanak bahwa anak-anak harus duduk terpisah dan mereka tidak bisa bermain bersama," ujar Bouvier.

Menteri Pendidikan Prancis Jean-Michel Blaquer memuji pembukaan kembali sekolah itu yang akan dilakukan secara bertahan termasuk di Paris pada Kamis (14/5). Adapun sekolah menengah akan dibuka kembali pada pekan depan.

Untuk meredakan kekhawatiran orangtua, pemerintah mengizinkan orangtua memilih mengizinkan anak mereka kembali ke sekolah atau tetap di rumah saja.

Prancis mulai melonggarkan aturan lockdown pada Senin (11/5) dengan warga diizinkan ke luar rumah tanpa harus membuat surat izin untuk pertama kalinya dalam tempo hampir delapan pekan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT