13 May 2020, 06:56 WIB

Kereta di India Kembali Beroperasi


Basuki Eka Purnama | Internasional

JARINGAN kereta api di India kembali beroperasi, Selasa (12/5), saat negara itu mulai melonggarkan aturan lockdown meski angka kasus covid-19 masih terus bertambah.

Negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu memberlakukan aturan lockdown pada akhir Maret yang disebut Perdana Menteri Narendra Modi sukses menekan angka kasus covid-19 menjadi hanya 70 ribu dengan angka kematian sekitar 2.300.

Namun, lockdwon yang memasuki hari ke-50 pada Rabu (13/5) telah menghantam perekonomian India, menyebabkan puluhan ribu orang menganggur, dan menyengsarakan warga miskin.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Warga Moskow Kembali Bekerja

Sejumlah industri terhantam mulai dari perkebunan teh hingga pembuatan berlian.

Namun, pelonggaran aturan telah mulai dilakukan, terutama di kawasan pedesaan dan sejumlah kereta--yang pada hari biasa bisa mengangkut lebih dari 20 jutga orang--mulai beroperasi pada Selasa (12/5).

Lebih dari 54 ribu tiket untuk 30 perjalanan awal terjual secara daring dalam tempo kurang dari 3 jam pada Senin (11/5).

Dua kereta meninggalkan New Delhi pada Selasa (12/5) sore mengangkut 2.300 orang. Kereta lain meninggalkan kota lain termasuk Mumbai.

Calon penumpang mengenakan masker atau sarung tangan menutupi mulut mereka mengantre di luar stasiun kereta di New Delhi. Selasa (12/5), untuk menjalani pemeriksaan gejala covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT