13 May 2020, 09:00 WIB

Covid-19 Telah Tiba di Brasil pada Awal Februari


Basuki Eka Purnama | Internasional

COVID-19 telah menyebar di Brasil pada awal Februari, beberapa pekan sebelum terdeteksi, serta sebelum jutaan orang turun ke jalan untuk ambil bagian dalam karnival. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian terbaru yang dirilis, Selasa (12/5).

Brasil merupakan negara Amerika Latin yang paling para terhantam pandemi covid-19 dengan lebih dari 11.500 kematian dan 168 ribu infeksi. Pakar mengatakan minimnya pengujian berarti angka aslinya masih jauh lebih banyak lagi.

Penelitian itu menggunakan analisa statistika untuk bergerak mundur dari laporan kematian covid-19 dan menetapkan kemungkinan time-frame pertama kali covid-19 masuk ke Brasil dan negara lain.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Warga Moskow Kembali Bekerja

"Covid-19 pertama kali merebak di Brasil sekitar pekan pertama Februari. Itu berarti lebih dari 20 hari sebelum kasus pertama didiagnosa dari pelancong yang kembali dari Italia pada 26 Februari dan lebih dari 40 hari sebelum konfirmasi pertama penularan komunal," sebut Oswaldo Cruz Foundation (Fiocruz) yang menggelar penelitian itu.

Itu juga berarti penyebaran lokal telah terjadi ketika Brasil menggelar karnival antara 21 Februari dan 25 Februari, pesta yang menarik jutaan turis dan warga ke jalan di Kota Rio de Janeiro, Sao Paulo, Salvador, dan kota lainnya.

Penelitian yang juga menganalisa data dari Eropa dan Amerika Serikat (AS) itu menemukan covid-19 kemungkina telah menyebar secara lokal dua atau empat pekan sebelum kasus pertama terdeteksi di Italia, Belanda, dan AS. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT