13 May 2020, 08:45 WIB

Klub Liga Inggris Diizinkan Gelar Pertandingan Kandang


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KLUB Liga Inggris diizinkan menggelar pertandingan di stadion mereka sendiri untuk menyelesaikan sisa laga musim ini. Langkah itu sekaligus mengubah keputusan sebelumnya yakni malanjutkan sisa pertandingan di tempat netral.

Ide untuk menggelar pertandingan di tempat netral mendapat kritikan dari sejumlah klub. Setidaknya ada 20 klub Liga Inggris menolak ide tersebut karena dianggap merugikan.

Salah satu alasan utama melanjutkan kompetisi di tempat netral adalah ketakutan terhadap pendukung yang datang secara massal meskipun pertandingan digelar tertutup.

Baca juga: ​​​​​​​Danny Rose Kecam Rencana Kembalinya Liga Primer Inggris

Penolakan itu pun mendapat respon dari pemerintah. Pihak kepolisian disebut tidak masalah apabila klub menggelar pertandingan di stadion kandang masing-masing, selama sejumlah kriteria keselamatan dapat dipenuhi.

Klub harus memberikan kepastian kepada kepolisian lokal terkait protokol keselamatan. Mereka harus bisa memastikan bahwa pedoman jarak sosial dua meter harus dipatuhi.

“Kami akan bersama-sama mengeksplorasi berbagai opsi untuk mengidentifikasi jalan menyetujui ide tersebut. Termasuk opsi yang meminimalkan risiko terhadap keselamatan publik dan tekanan yang tidak perlu pada layanan publik, namun tetap memfasilitasi langkah bijaksana untuk memulai musim,” kata Wakil Kepala Polisi Nasional Inggris Mark Robert.

Klub juga harus bersedia membayar tagihan kepada petugas yang diperlukan untuk mengatur kondisi tersebut. Namun, hal itu masih akan terus dibahas lebih lanjut untuk benar-benar mematangkan keputusan terkait menggelar laga kandang dan tandang.

Pemerintah Inggris sebelumnya telah memberi lampu hijau untuk melanjutkan seluruh event olahraga, termasuk sepak bola, pada 1 Juni mendatang.

Saat ini, Liga Primer Inggris masih menyisakan 92 pertandingan. Sejumlah klub juga telah mulai kembali berlatih di tempat latihan masing-masing dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Sebelum ditangguhkan, sejak Maret lalu, Liga Primer Inggris sudah memasuki pekan ke-29. Liverpool sukses mengamankan posisi puncak klasemen dengan perolehan 82 poin. (Dailymail/OL-1)

BERITA TERKAIT