13 May 2020, 05:25 WIB

Pemerintah Siapkan Hujan Buatan di Tiga Provinsi


RK/N-2 | Nusantara

PEMERINTAH sudah menyiapkan hujan buatan demi mencegah kebakaran hutan dan lahan saat kemarau terjadi pada Juni mendatang. Teknologi modifikasi cuaca itu akan dilakukan di Sumatra dan Kalimantan.

Operasi mempercepat awan menjadi hujan itu dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). “Di Sumatra, konsentrasi antisipasi kemarau dilakukan di Riau, Jambi, dan Sumatra Selatan,” ungkap Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LHK, Ruandha Agung Sugardiman.

Dalam rapat virtual yang melibatkan sejumlah kepala dinas di Riau, Sumatra Selatan, dan Jambi, Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT, Yudi Anantasena, menyatakan BMKG merekomendasikan bahwa awal Mei merupakan saat yang tepat melakukan pembasahan lahan gambut. “Awal Mei merupakan masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Curah hujan di beberapa wilayah sudah berkurang, tetapi potensi awan masih tersedia untuk mendukung operasi hujan buatan.”

Operasi teknologi modifikasi cuaca, lanjutnya, ialah upaya membasahi lahan-lahan gambut di musim kemarau. (RK/N-2)

 

BERITA TERKAIT