12 May 2020, 21:50 WIB

Babel Gelar Rapid Test Massal


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menggelar rapid test secara massal untuk mencegah penyebaran covid-19 di titik-titik keramaian khususnya di zona merah covid-19.

"Tempat-tempat keramaian seperti pasar, tempat ibadah, serta lokasi-lokasi sumber kasus terkonfirmasi covid-19 di Babel seperti Kecamatan Merawang Bangka dan Kecamatan Pangkal Balam Pangkalpinang," kata Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan, Selasa (12/5).

Rapid test massal ini, menurutnya, menggunakan rapid test kapiler. Jika dari hasil rapid test ditemukan ada yang reaktif maka akan dilanjutkan dengan rapid test vena. Bila hasilnya tetap reaktif maka akan dilanjutkan dengan swab test covid-19.

"Tahapan-tahapan ini kita lakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan," ujarnya.

Baca juga: Rapid Test 416 Warga Sleman Klaster Indogrosir, 20 Reaktif

Kegiatan ini, lanjut Erzaldi, perlu kebersamaan dan dukungan kabupaten kota. "Kita akan melakukan serentak dengan target jumlah yang akan menjalani rapid test, sesuai dengan yang ditetapkan satgas provinsi," ujarnya.

Menurutnya, hal dilakukan dalam rangka untuk menekan penyebaran covid-19 di Babel dengan harapan masyarakat juga lebih waspada. "Karena masyarakat Babel masih menganggap daerahnya aman, sehingga belum terlalu menerapkan physical distancing yang telah dianjurkan," sambungnya.

Jadi, kata Erzaldi, ini menjadi salah satu strategi kita juga untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar betul-betul mematuhi imbauan pemerintah. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT