12 May 2020, 21:29 WIB

Tak Berlakukan PSBB, Sumut Tetap Larang Mudik


Yoseph Pencawan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatra Utara memastikan melarang perjalanan mudik Lebaran meski tanpa memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan virus korona atau covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis mengungkapkan, larangan perjalanan mudik Lebaran yang diberlakukan Sumut mengacu pada Permenhub Nomor 18/2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

"Selain itu, kita juga mengacu Permenhub Nomor 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H yang berlaku 24 April-31 Mei 2020," paparnya, Selasa (12/5).

Baca juga: Pulang ke Yogya, Pekerja Migran Diminta Isolasi Diri 14 Hari

Sumut membatasi ketat aktivitas ke luar kota/daerah, seperti pulang kampung dan lainnya. Perjalanan jauh atau antara kota/antar provinsi tidak diperbolehkan kecuali untuk orang-orang tertentu.

Mereka yang diperbolehkan dengan kriteria seperti petugas pengantar logistik kesehatan, petugas kesehatan atau dengan tujuan yang terkait penanganan covid-19.

Jika ada yang ingin melakukan perjalanan jauh, harus bisa menunjukkan identitas dan menjelaskan kepentingannya.

Dishub juga ikut memfasilitasi pemulangan pekerja migran Indonesia dari Malaysia yang sudah beberapa kali berlangsung melalui Bandara Kualanamu serta Pelabuhan Belawan dan Tanjungbalai.(X-15)

BERITA TERKAIT