12 May 2020, 19:40 WIB

Jadi Kapolda NTB, Iqbal akan Perkuat Sinergi dengan Forkopimda


Sri Utami | Nusantara

INSPEKTUR Jenderal Muhammad Iqbal resmi mengepalai Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat setelah upacraa serah terima jabatan dengan Irjen Tomsi Tohir yang ditunjuk sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Politik, Selasa (12/5).

"Saya akan bekerja keras secara bersama-sama dengan Forkopimda, TNI, dan instansi terkait untuk membantu Pemerintah Daerah Provinsi NTB dalam memajukan pembangunan di NTB," kata Iqbal dalam keterangan yang diterima, Selasa (12/5).

Dia mengatakan Polri tidak akan bisa berhasil apabila bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan dukungan dari semua pihak, baik Pemprov, TNI, pemerintah kabupaten dan kota, instansi terkait maupun berbagai elemen masyarakat.

"Sehingga situasi Provinsi NTB tetap kondusif dan pembangunan dapat terlaksana dengan baik guna kesejahteraan masyarakat NTB," ujarnya.

Sementara itu, mantan Kapolda NTB Irjen Tomsi Tohir mengaku masa kerja dan tugasnya di NTB kurang lebih 4 bulan. Meski tergolong singkat, dia dapat menjalin hubungan yang baik dengan jajaran Pemprov NTB.

Baca juga : Tambang Emas Ilegal di Bungo, Kapolda Janji tidak akan Kompromi

"Namun saya sangat terkesan dengan kekompakan Forkompinda NTB baik dari tingkat Provinsi sampai ke Kabupaten bahkan kecamatan, sangat bagus sehingga bila ada masalah yang timbul dengan cepat dapat diselesaikan bersama-sama," katanya.

Selain itu, Tomsi juga mengaku terkesan dengan kekompakan di internal Polda NTB sehingga kebijakan mendapat dukungan yang optimal dengan hasil yang dicapai begitu memuaskan.

"Contohnya kasus 3C dengan dilaksanakan operasi pekat tingkat keberhasilannya luar biasa dengan menurunnya angka kejahatan bahkan di bidang narkotika juga sangat berhasil menekan tingkat peredaran dan juga pengungkapan kasus yang lainnya seperti pelanggaran kasus ITE," ungkapnya.

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua lapisan masyarakat selama bertugas di NTB," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT