12 May 2020, 17:12 WIB

Targetkan 9 Juta Penerima Bansos, Mensos Minta Pemda Update Data


Ihfa Firdausya | Humaniora

MENTERI Sosial Juliari P Batubara meminta Pemerintah Daerah (Pemda) memperhatikan akurasi data di daerahnya masing-masing. Hal ini untuk memastikan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tepat sasaran.

Menurut Mensos, pembaruan (updating) akurasi data penerima BST oleh Pemda menjadi penting dan strategis untuk selanjutnya dimasukan ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Ke depannya pembaruan data ini dimasukan ke dalam DTKS. Sebab kalau tidak masuk itu akan sulit untuk mendapat bantuan sosial," jelas Mensos dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (12/5).

Dengan adanya pembaruan data oleh Pemda, kata Mensos, target penerima BST sebanyak 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa tercapai dengan tepat sasaran.

Baca juga : Prabowo Kembali Mendapatkan Bantuan Alkes dari Tiongkok

"Adanya pembaruan data oleh Pemda tersebut bisa menjadikan target 9 juta KPM penerima BST tersebut dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan," ungkapnya.

Jika terdapat BST yang tidak tepat sasaran, Mensos meminta agar segera dilaporkan sehingga penyaluran BST tahap berikutnya bisa lebih tepat sasaran.

“Soal masih ditemukan kesalahan sasaran penerima BST, saya kira bisa diperbaiki. Namun, data diterima dari pemda, sebab daerahlah yang paling tahu siapa warga yang terdampak covid-19 di daerahnya," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT