12 May 2020, 16:14 WIB

Menhub Minta Dishub DKI Operasikan Terminal Selama 24 Jam


Selamat Saragih | Megapolitan

MENTERI Perhubungan ((Menhub), Budi Karya Sumadi, menginstruksikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo, supaya mengoperasikan terminal bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) selama 24 jam.

Instruksi Menhub itu tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat No SE.9/AJ.201/DRJD/2020.

"Memastikan terminal penumpang tetap beroperasi selama 24 jam dan selalu memperhatikan ketentuan protokol kesehatan," kata Budi dalam suratnya, di Jakarta, Selasa (12/5).

Terkait dengan surat edaran menhub itu, Syafrin juga diminta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 DKI dalam pembentukan pos penjagaan dan pemeriksaan di setiap terminal penumpang yang dilengkapi dengan fasilitas penyelenggaraan protokol kesehatan.

"Memastikan setiap calon penumpang atau pengguna jasa wajib menggunakan masker selama berada di wilayah terminal penumpang," perintah Budi Karya lewat suratnya itu.

Dishub DKI juga harus memastikan perusahaan angkutan umum melaksanakan ketentuan dalam surat edaran Gugus Tugas.

Syafrin juga wajib melaporkan hasil pengawasan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat dan ditembuskan ke Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan, instruksi pengoperasian terminal itu memang ditujukan kepada Dishub DKI Jakarta.

Pasalnya, di Jakarta Terminal Pulo Gebang berada di bawah pengelolaan Pemprov DKI Jakarta, sehingga memerlukan instruksi khusus.

"Karena terminal yang digunakan adalah Pulo Gebang yang dikelola langsung Pemprov DKI. Sedangkan terminal di Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dikelola Balai Pengelola Transportasi Darat yang ada di bawah Kemenhub langsung, sehingga tidak disebutkan secara khusus," kata Adita.(OL-4)

BERITA TERKAIT