12 May 2020, 15:45 WIB

Masih Bisa Cari Uang Pak Uwo Tolak Bansos Pemerintah


Yose Hendra | Nusantara

SEORANG warga di Kelurahan Bukit Surungan, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, menolak bantuan sosial (bansos) pemerintah. Dia beralasan dirinya tidak layak untuk menerima bantuan tersebut.

Zulfahmi akrab dipanggil Pak Uwo mengaku masih mampu bekerja, memenuhi kebutuhan di tengah pandemi korona (Covid-19).  Bapak  tiga orang anak ini, tetap menolak bansos yang dibagikan pemerintah, meski sudah berulang kali dijelaskan oleh petugas. Dia mengaku mampu memberi nafkah meski seadanya tapi tidak sampai kelaparan.

Zulfahmi semenjak dahulu mencari nafkah dengan membuka warung kecil-kecilan. Ia merasa malu menerima bantuan yang dianggap tidak tepat kepadanya, karena masih banyak masyarakat lain yang jauh lebih membutuhkan.

"Saya ingin agar bansos yang diberikan pemerintah tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan," ucapnya, Selasa (12/5).

Dia mengajak semua yang menerima bansos interopeksi diri. Dengan hati nurani, apakah pantas kita menerima bantuan tersebut. "Kalau kita memakan yang bukan hak kita, maka semua itu menjadi tidak berkah," imbaunya.

Sementara itu, Lurah Bukit Surungan Fiori Agustian, mengapresiasi Pak Uwo Zulfahmi yang memegang teguh prinsipnya.

Walaupun terdampak covid, menurut Fiori, beliau mengalihkan bantuannya kepada yang lebih membutuhkan.

"Padahal sebenarnya beliau juga terdampak pandemi ini dan makan dengan seadanya. Semoga hal ini menjadi pelajaran, motivasi dan contoh bagi masyarakat lainnya," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Bandar Narkoba antar Pulau Ternyata Masih SMP

BERITA TERKAIT