12 May 2020, 14:35 WIB

Banyak Pasien Covid-19 di Bantul Tanpa Gejala


Ardi Teristi | Nusantara

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharjo mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan covid-19. Pasalnya, banyak pasien yang dinyatakan positif covid-19 di Bantul ternyata tanpa gejala.

"Kami juga meningkatkan kewaspadaan karena (pasien positif covid-19) yang ada di masyarakat sekarang ini, rata-rata sudah tanpa gejala. Kira-kira sekitar 80% dari pasien covid-19 yang ada di Bantul adalah tanpa gejala," kata Agus di Komplek Kepatihan, Senin (11/5).

Dia juga menyatakan pihaknya telah menyiapkan dua rumah sakit tambahan untuk penanganan covid-19, yaitu RS Rajawali Citra dan RS Nur Hidayah.

Baca juga: Berkat KataNone, Peyek Warga Makassar Laris Lagi

Dengan penambahan tersebut, Pemkab Bantul siap apabila terjadi lonjakan pasien covid-19.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengungkapkan RSUD Saptosari hingga kini masih cukup untuk menangani pasien covid-19 di Gunungkidul.

Kapasitas isolasi RS Saptosari saat ini hanya sekitar 25 orang. "Kapasitas maksimalnya mestinya 60 orang, tetapi sekarang sedang pembangunan," kata Badingah.

Jika kapasitas tersebut masih kurang, Persatuan Jamaah Haji Indonesia sudah menyatakan bersedia ikut menyediakan tempat untuk tempat isolasi. (OL-14)

BERITA TERKAIT