12 May 2020, 14:35 WIB

PSBB Berhasil Tekan Jumlah Pasien Rawat Inap Covid-19


Andhika Prasetyo | Humaniora

KETUA Gugus Tegas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diberlakukan di empat provinsi telah menunjukkan hasil cukup baik. Hal itu tergambar dari jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit yang terus mengalami penurunan.

Di DKI Jakarta, angka pasien inap sudah berada di bawah 60% dari total keseluruhan kasus. Begitu pun di Sumatera Barat. 

Baca juga: Menkumham: Pelaksana Perppu Covid-19 Tidak Kebal Hukum

Fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan yakni RSUP Jamil Padang hanya merawat 46 orang dari kapasitas 112 kasur. Sementara di Jawa Barat, pasien yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin hanya 30 orang. Padahal, rumah sakit bisa menampung sampai 135 kasus.

"Ini menunjukkan kabar gembira. Dulu, ketika masa-masa awal pemerintah memutuskan status darurat kesehatan, hampir semua rumah sakit di kota-kota besar terutama di Jawa mengalami peningkatan sampai-sampai ada yang tidak mendapat perawatan. Sekarang situasi sudah berubah," ujar Doni usai mengikuti rapat terbatas, Selasa (12/5).

Presiden Joko Widodo pun menyampaikan apresiasi bagi seluruh kepala daerah yang telah bekerja keras menekan laju penambahan kasus di wilayah masing-masing.

"Presiden meminta kita untuk terus melakukan pemeriksaan secara masif, pelacakan secara agresif dan isolasi ketat bagi mereka yang dinyatakan terinfeksi virus korona," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT