12 May 2020, 09:00 WIB

​​​​​​​Staf Gedung Putih Diinstruksikan untuk Pakai Masker


Nur Aivanni | Internasional

STAF Gedung Putih diinstruksikan untuk mengenakan masker ketika mereka memasuki Sayap Barat Gedung Putih setelah dua staf dinyatakan positif virus korona baru atau covid-19.

Dikutip dari BBC, Selasa (12/5), Kantor Gedung Putih mengatakan bahwa staf harus mengenakan masker setiap saat, kecuali ketika mereka duduk di meja mereka.

Instruksi tersebut datang setelah ajudan Wakil Presiden AS Mike Pence dan staf Presiden Trump terkena virus tersebut. Trump mengatakan dia membutuhkan kebijakan tersebut.

Namun, saat konferensi pers pada Senin, Trump muncul tanpa mengenakan masker. Ia mengklaim bahwa dia tidak perlu mengikuti instruksi tersebut karena dia terus menjaga jarak dengan setiap orang.

Baca juga: Jumlah Korban Covid-19 Meninggal di AS Capai 80.000

Tiga anggota satgas covid-19 Gedung Putih melakukan isolasi diri selama dua minggu setelah kemungkinan terpapar penyakit tersebut, termasuk Anthony Fauci. Sekretaris pers Pence, Katie Miller dan istri asisten Trump Stephen Miller juga dinyatakan positif terkena virus itu pada Jumat.

Pejabat senior Gedung Putih yang melakukan kontak rutin dengan Trump saat ini sedang diuji setiap hari untuk virus korona.

Trump pun mengatakan akan ada lebih banyak dana yang tersedia untuk meningkatkan pengujian covid-19 di negara-negara bagian. Pemerintah akan menyediakan US$11 miliar kepada negara-negara bagian untuk memenuhi pengujian tersebut bulan ini.

Negara-negara bagian ditanyakan mengenai berapa banyak pengujian yang mereka harapkan akan dilakukan pada Mei ini. Mereka nantinya akan diberikan persediaan untuk memenuhi target tersebut. (BBC/A-2)

 

BERITA TERKAIT