12 May 2020, 08:40 WIB

Kabupaten Paniai Gerakkan Bansos Dengan Membeli Hasil Tani


Martinus Solo | Nusantara

BUPATI Paniai, Meki Wanipa membentuk Satuan Tugas Jaring Pengaman Sosial, dengan membeli hasil budidaya pertanian masyarakat kemudian didistribusikan kepada masyarakat terdampak pandemi covid-19. Meki Wanipa mengatakan Satgas yang dipimpin oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, John Nicolas Pigome didukung para pemangku kepentingan bertujuan menjaga ketahanan pangan lokal, agar masyarakat dapat menikmati hasil panen dari pangan lokal. 

Kegiatan Satgas diawali pendataan ratusan kampung dari 24 distrik di aniai. Data yang dikumpulkan adalah jumlah kebun milik warga yang panen petatas, sayuran dan buah-buahan. 

"Sayuran akan dibeli dari kelompok wanita tani atau KWT yang bergabung pada program kawasan rumah pangan lestari di Kabupaten Paniai sebanyak 11 KRPL," kata John Nicholas Pigome di Paniai, Papua dalam keterangan tertulis, Selasa (12/5).

Penyuluh pusat di Kementerian Pertanian RI, Siti Nurjanah selaku pendamping kegiatan penyuluhan pertanian Provinsi Papua mengatakan langkah Bupati Meki Wanipa sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa pangan lokal meningkatkan imunitas tubuh. 

baca juga: ODP dan PDP Meningkat di Masa PSBB

"Virus korona belum ada obatnya saat ini, kecuali daya tahan tubuh yang diperoleh dari konsumsi pangan dengan antioksidan tinggi. Biasanya terdapat pada aneka pangan lokal seperti singkong, ubi jalar atau petatas, keladi dan masih banyak lagi," kata Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi. 

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP] Leli Nuryati mengapresiasi dukungan penyuluh pertanian yang setia mendampingi petani dan warga Paniai bercocok tanam pangan lokal. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT