12 May 2020, 08:28 WIB

Banjir dan Longsor Landa Kabupaten Garut


Kristiadi | Nusantara

HUJAN deras yang membawa material longsor menerjang  Desa Margamulya dan Padasuka, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kejadian Senin (11/5) sekitar pukul 16.00 WIB mengakibatkan sejumlah rumah dan fasilitas ibadah rusak.

Komandan Koramil Cikajang, Kapten Inf Didi mengatakan, hujan deras telah menimbulkan banjir dan longsor di dua desa dan merendam Kampung Padasono,Tanjeng dan Badak. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, Namun terdapat sembilan rumah terendam air dan lumpur.

"Untuk Desa Padasuka, longsor menerjang Kampung Padasono. Sedikitnya ada dua rumah terkena dampak. Banjir juga memicu terjadinya longsor yang menerjang rumah," kata Didi, Senin (11/5).

baca juga: Jalur Logistik Poso-Parigi Lancar Kembali

Sementara itu, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, hujan deras yang terjadi membuat air dari Sungai Cibarengkok meluap ke permukiman warga dan merendam permukiman RT 01, RW 2 dan RT 01, RW 01, Desa Margamulya dengan ketinggian ari sampai 1,5 meter. Hujan disertai longsor ini juga merusak sebuah madrasah dan masjid. (OL-3)

BERITA TERKAIT