12 May 2020, 07:13 WIB

Klub Serie A Bisa Berlatih Secara Tim 18 Mei


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

KLUB Serie A bisa berlatih secara tim mulai 18 Mei jika menerapkan protokol medis yang diatur pemerintah. Federasi Sepak Bola Italia atau FIGC telah bertemu dengan Komite Ilmiah Teknis (CTS) pekan lalu untuk membahas secara detail mekanisme latihan tim secara berkelompok.

Hal itu dilakukan mengingat telah melonggarnya aturan pembatasan sosial setelah melalui lockdown atau kuncitara selama dua bulan. Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora dan Menteri Kesehatan Roberto Speranza mengatakan CTS telah menyusun protokol medis agar klub bisa berlatih secara tim.

"Petunjuk dari CTS yang ketat akan dikirim ke federasi untuk disesuaikan agar latihan secara tim bisa dimulai pada 18 Mei dengan aman," bunyi pernyataan kedua menteri itu.

Sepak bola Italia telah ditunda sejak 9 Maret imbas pandemi virus korona atau covid-19 yang menelan lebih dari 31 ribu nyawa di negara itu. Pemerintah Italia telah mengizinkan pemain berlatih individu di fasilitas tim dari 4 Mei.

baca juga: Klub Liga Primer Inggris Tolak Main di Tempat Netral

Serie A pun ingin mengikuti jejak Bundesliga Jerman yang melanjutkan kompetisi pada 16 Mei. Namun, Spadafora belum bisa memastikan kapan Serie A akan kembali bergulir.

"Apakah kompetisi dapat dilanjutkan, kita harus menunggu setidaknya satu minggu lagi untuk melihat bagaimana perkembangan kurva penularan dan kemudian bisa memutuskan," ungkap Spadafora. (AFP/OL-3)
 

BERITA TERKAIT