12 May 2020, 06:00 WIB

Shaquille O'Neal Sarankan NBA Musim ini Dihentikan


Akmal Fauzi | Olahraga

MANTAN pemain basket Los Angeles Lakers, Shaquille O'Neal menyarankan agar NBA musim ini dibatalkan permanen. Baginya, memaksakan kompetisi untuk terus berlanjut sangat beresiko untuk keselamatan pemain.

O'Neal, dalam sebuah wawancara dengan USA Today, Senin (11/5) mengatakan para pemain mulai mempersiapkan diri untuk musim 2020-2021. Menurutnya daripada mempersiapkan kompetisi yang dihentikan sejak Maret lalu karena pandemi virus korona lebih baik kompetisi ditiadakan.

"Saya pikir kita perlu membatalkan musim 2020. Semua pulang ke rumah, tetap menjaga kesehatan, dan kembali lebih kuat tahun depan," kata O’neil.

Pemain yang pernah meraih empat kali menjadi juara NBA itu tidak sepakat dengan opsi menggelar pertandingan tanpa penonton, ataupun mengubah sistem babak playoff menjadi lebih singkat. Menurutnya, ide tersebut akan sangat berbahaya karena situasi yang belum sepenuhnya stabil.

"Jika anda memaksakan kompetisi berlangsung, maka hal itu tidak ada gunanya. Siapapun tim yang akan menjadi juara, saya rasa tim tersebut tidak akan mendapatkan respek yang cukup. Sebab, mereka akan bertarung dengan kondisi yang berbeda dari musim-musim sebelumnya," jelasnya.

baca juga: Tiga Pekan untuk Tentukan Lokasi Duel

Dia mengerti bagaimana perasaan pemain saat ini yang ingin melanjutkan musim ini. Namun, membatalkan kompetisi jadi pilihan terbaik. Kabar terbaru menyebutkan, kemungkinan besar babak playoff NBA 2019-2020 akan berlangsung pada Oktober mendatang. Hal itu disampaikan pebasket Los Angeles Lakers Jared Dudley yang sengaja membocorkan hasil imbauan dari komisaris NBA Adam Silver ihwal rencana tersebut. (AFP/OL-3)

Mal/AFP)

BERITA TERKAIT