12 May 2020, 04:15 WIB

Pemkab Malang Siapkan Perbup PSBB


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, segera menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) guna menindaklanjuti rencana pemberlakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Perbup itu disiapkan setelah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa merestui PSBB di Malang Raya meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

"Hari ini (Senin 11/5) rapat menyiapkan SK Bupati terkait PSBB," tegas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang Tomie Herawanto, Senin (11/5).

Tomie menjelaskan rencana PSBB memerlukan perencanaan yang mendetail dan anggaran cukup besar. Namun, ia belum bisa menyebutkan anggaran yang diperlukan saat PSBB sebab hal itu masih dirapatkan.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang Bambang Istiawan menyatakan PSBB belum disetuji, dalam artian masih menunggu keputusan menteri kesehatan. "Surat persetujuan PSBB belum, tapi Perbup disiapkan," ujarnya.

Sejauh ini orang dalam pengawasan (ODP) di Kabupaten Malang sebanyak 1.327. Pasien dalam pengawasan (PDP) 225, positif covid-19 sebanyak 43 orang.

Jumlah positif covid-19 di Kabupaten malang terus meningkat, seperti halnya dengan di Kota Malang. Di Kota Malang, ODP sebanyak 1.960 orang atau meningkat 4 orang sesuai data Minggu (10/5). PDP 192 orang atau meningkat tiga orang dan positif covid-19 sebanyak 24 orang atau meningkat 2 orang.

"(Dua pasien tambahan positif itu karena) kontak erat dengan nakes (tenaga kesehatan) dan warga biasa," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Malang Nur Widianto. (R-1)

BERITA TERKAIT