12 May 2020, 05:30 WIB

SATU Indonesia Awards Bersama Lawan Korona


RO/H-1 | Humaniora

DI Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, waktu telah menunjukkan pukul 05.00 WITA. Matahari pun belum tampak. Namun, deru suara mesin jahit sayup-sayup mulai terdengar dari salah satu rumah penjahit yang biasa mengawali pekerjaannya.

Pagi itu, Muhammad Aripin tidak sedang menjahit baju, tetapi sedang menjahit masker kain. Ia mencetuskan ide menjahit masker kain sejak munculnya pandemi korona (covid-19).

Aripin menginisiasi pembuatan masker kain dan dibagikan secara gratis kepada warga yang membutuhkan. Sampai saat ini sudah lebih dari 15 ribu masker kain ia bagikan.

Ia menggandeng para penjahit binaannya. “Kami bagikan masker kain ke keluarga pasien rumah sakit, petugas kebersihan, pengemudi ojek online, wartawan, kepolisian, dan siapa pun yang perlu. Alhamdulillah, sehari bisa lebih dari 400 masker kain dibagikan,” ujar Aripin, salah satu penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2016 kategori kewirausahaan.

Aripin mendirikan Rumah Kreatif dan Pintar, sebuah yayasan yang fokus pada pemberdayaan kaum marginal, termasuk penjahit penyandang disabilitas tuna rungu.

Serupa dengan gerakan Aripin, Trisno di kaki Gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, juga membuat gerakan mencegah penyebaran covid-19 agar tidak masuk ke desanya. Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2015 kategori lingkungan ini gencar bergerak membuat program edukasi warga untuk mencegah penyebaran covid-19.

Edukasinya meliputi bagaimana menghitung kekuatan dan kebutuhan logistik masyarakat, termasuk mengedukasi perencanaan keuangan jika terjadi kondisi yang betul-betul darurat.

Semangat mereka dalam berjuang memerangi covid-19 sejalan dengan cita-cita Astra untuk menyejahterakan bangsa. Masih ada puluhan pemuda penerima apresiasi SATU Indonesia Awards dari beberapa kategori, seperti lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan kelompok yang kini berjuang melawan penyebaran covid-19 di beberapa daerah.

Tahun ini, pihak Astra menginformasikan pendaftaran 11th SATU Indonesia Awards 2020 masih dibuka hingga 2 Agustus 2020. (RO/H-1)

BERITA TERKAIT